alexametrics

Roy Kiyoshi Diingatkan Berhenti Minum Alkohol, Ini Efeknya pada Lambung!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Roy Kiyoshi Diingatkan Berhenti Minum Alkohol, Ini Efeknya pada Lambung!
Presenter Roy Kiyoshi tersenyum saat keluar dari Rumah Sakit Ketergantungan Obat (RSKO) usai menjalani masa rehabilitasi selama 5 bulan di Cibubur, Jakarta Timur, Selasa (6/10). [Suara.com/Alfian Winanto]

Robby Purba mengingatkan Roy Kiyoshi agar berhenti minum alkohol dan lebih memperhatikan kondisi lambungnya.

Suara.com - Baru-baru ini Robby Purba berusaha mengingatkan Roy Kiyoshi ketika sedang menikmati segelas wine. Robby Purba pun meminta Roy Kiyoshi untuk berhenti minum alkohol dan lebih memperhatikan kondisi lambungnya.

"Dek, inget lambungnya. Stop drinking," pesan Robby Purba melalui kolom komentar Instagram Roy Kiyoshi.

Sebelumnya, Roy Kiyoshi diketahui memang memiliki riwayat penyakit lambung, yakni maag akut. Karena itu, ia harus benar-benar menjaga kondisi lambungnya.

Karena dilansir dari Alcohol Think Again, kebiasaan minum alkohol bisa merusak sistem pencernaan seseorang. Bahkan kebiasaan ini juga meningkatkan risiko kanker dan penyakit hati.

Baca Juga: Cukup Setengah Dosis Vaksin Oxford, Ampuh Cegah Virus Corona 90 Persen

Setiap sel di dalam tubuh membutuhkan makanan untuk diubah menjadi bentuk yang bisa digunakan oleh sel. Proses konversi ini dikenal sebagai metabolisme dan dilakukan oleh sistem pencernaan.

Roy Kiyoshi [Suara.com/Yuliani]
Roy Kiyoshi [Suara.com/Yuliani]

Sistem pencernaan terdiri dari banyak organ, termasuk mulut, tenggorokan, esofagus, lambung, hati, usus kecil dan besar serta anus.

Organ-organ di dalam sistem pencernaan ini memiliki peran masing-masing untuk memastikan nutrisi dalam makanan bisa dicerna dan diserap dengan baik. Lalu, produk limbah bisa dikeluarkan dari tubuh.

Sedangkan, alkohol bisa merusak organ yang bersentuhan dengannya di sistem pencernaan, termasuk mulut, tenggorokan, kerongkongan, dan perut.

Alkohol yang masuk ke aliran darah juga bisa merusak hati dan usus besar. Di sisi lain, alkohol juga tidak diperlukan seperti nutrisi lain dalam makanan.

Baca Juga: Millen Cyrus Terseret Kasus Narkoba, Kenali Ciri Orang Sakau Sabu!

Padahal sistem pencernaan bekerja ekstra keras untuk mengeluarkannya dari dalam tubuh, memprioritaskan eliminasi alkohol di atas nutrisi lain, termasuk lipid (lemak), karbohidrat dan protein.

Komentar