alexametrics

Hadapi Gelombang Kedua, Mesir Buat Robot Pemeriksa Covid-19

Vania Rossa | Lilis Varwati
Hadapi Gelombang Kedua, Mesir Buat Robot Pemeriksa Covid-19
Robot Pemeriksa Covid-19 di Mesir. (Reuters)

Robot pemeriksa Covid-19 itu diberi nama Cira-03

Suara.com - Ilmuwan Mesir sedang menguji coba robot pemeriksa Covid-19 yang bisa dikendalikan dari jarak jauh. Penelitian itu dilakukan seiring dengan Mesir menghadapi gelombang kedua penularan infeksi virus corona.

Robot yang diberi nama Cira-03 itu diklaim dapat mengukur suhu tubuh pasien dan memperingatkan mereka jika tidak memakai masker di area rumah sakit swasta di Utara Kairo.

Ilmuwan perancang Cira-03, Mahmoud el-Komy, mengatakan robot itu dapat membantu membatasi paparan infeksi dan mencegah penularan virus. Robot tersebut sengaja dirancang memiliki wajah dan kepala mirip manusia serta lengan robotik.

Dilansir dari laman Metro, robot tersebut dapat melakukan tes darah, melakukan ekokardiogram, dan sinar-X. Juga menampilkan hasilnya kepada pasien lewat layar yang ditempelkan di dadanya.

Baca Juga: Vaksin Covid-19 Lolos Uji Mutu, MUI Periksa Aspek Kehalalan

"Saya mencoba membuat robot itu tampak lebih seperti manusia. Sehingga pasien tidak takut," kata Komy dikutip dari Metro.

Cira-03 menguji pasien untuk virus corona dengan cara menangkupkan dagu kemudian mengulurkan tangan dengan kapas ke mulut pasien.

Abu Bakr El-Mihi, kepala rumah sakit swasta tempat robot itu diuji, mengatakan mereka menggunakan Cira-03 untuk mengukur suhu tubuh siapa pun yang diduga mengidap Covid-19.

Dikutip dari situs worldometers.info, jumlah kasus Covid-19 di Mesir saat ini sebanyak 114.107 infeksi. Laju penambahan kasus harian kembali meningkat sejak awal November dengan rata-rata kasus 300 per hari.

Baca Juga: Update 26 November: Kasus Corona Indonesia Tembus 516 Ribu Lebih

Komentar