alexametrics

Mana yang Lebih Berisiko, Makan di Restoran atau Pergi ke Mall saat Pandemi

Rauhanda Riyantama | Shevinna Putti Anggraeni
Mana yang Lebih Berisiko, Makan di Restoran atau Pergi ke Mall saat Pandemi
Ilustrasi virus corona, covid-19. (Pexels/@Anna Nandhu Kumar)

Sekarang ini sudah banyak orang yang makan di tempat umum dan jalan-jalan ke mall meski pandemi virus corona belum berakhir.

Suara.com - Ancaman penularan virus corona Covid-19 membuat banyak orang harus menahan diri untuk berpergian keluar dan menyelesaikan semua pekerjaan dari rumah.

Pemerintah pun sempat meminta semua orang untuk mengisolasi mandiri di rumah untuk melindungi diri sendiri maupun orang lain dari penularan virus corona Covid-19. Bahkan banyak area publik yang terpaksa ditutup sementara.

Tapi sekarang, perlahan kehidupan kembali berjalan normal setelah sejumlah restoran, mall dan area publik lainnya kembai diizinkan beroperasi. Sedangkan, pandemi virus corona masih belum berakhir.

Saat ini banyak orang yang mulai berani makan di restoran maupun sekadar jalan-jalan di mall. Namun dilansir dari Times of India, manakah aktivitas yang paling berisiko di tengah pandemi virus corona Covid-19 sekarang ini?

Baca Juga: Prof Kusnandi Rusmil: Vaksin Covid-19 Bisa Mencegah, Jaga Jarak Tetap Perlu

Jika kedua aktivitas dilakukan dengan hati-hati dan melakukan tindakan pencegahan yang tepat. Maka, makan di restoran selama masa pandemi relatif aman.

Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)
Ilustrasi virus corona, hidung, mimisan (Pixabay/mohamed_hassan)

Ada beberapa instruksi yang dikeluarkan oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang harus dipatuhi selama pandemi virus corona, yakni menjaga jarak fisik sejauh 6 kaki, memakai masker, mencuci tangan dan tutupi batuk atau bersin dengan benar.

Jika Anda bisa melakukan semua protokol itu dengan baik, maka risiko terkena virus corona Covid-19 bisa lebih rendah.

Karena, tingkat keamanan Anda mengunjungi suau tempat di masa pandemi tergantung pada waktunya, lingkungan sekitar dan keramaiannya.

Saat memiliki restoran, cobalah mencari tempat yang penataan tempat duduknya di luar ruangan. Karena, risiko infeksi virus corona Covid-19 akan jauh lebih kecil di ruang terbuka.

Baca Juga: Masyarakat Bisa Beli Vaksin Covid-19 Secara Mandiri, Begini Langkahnya

Pastikan jarak antar meja dan kursi lain tidak berdekatan atau setidaknya berjarak 6 kaki. Jangan lupa perhatikan pula tingkat kebersihan restoran tersebut, sudah mengikuti pedoman kesehatan yang benar atau belum.

Komentar