facebook

Zaskia Adya Mecca Alami Baby Blues Usai Melahirkan, ini 3 Penyebabnya

Angga Roni Priambodo | Shevinna Putti Anggraeni
Zaskia Adya Mecca Alami Baby Blues Usai Melahirkan, ini 3 Penyebabnya
Zaskia Adya Mecca dan keluarga di Gunung Bromo, Malang, Jawa Timur. - (YouTube/TheBramantyo)

Zaskia Adya Mecca sempat mengalami baby blues setelah melahirkan anak kelimanya secara operasi sesar.

Suara.com - Baru-baru ini, Zaskia Adya Mecca mengaku sempat mengalami baby blues setelah melahirkan anak kelimanya, Bhajkama. Selama dua bulan pertama, istri Hanung Bramantyo itu mengaku stres mengurus bayinya sendiri.

Terlebih ia memiliki empat orang anak lainnya yang tengah menjalani sekolah online. Mereka semua juga tengah beradaptasi dengan kondisi dan situasi akibat pandemi.

Zaskia juga sempat mengalami sindrom baby blues kala merawat buah hatinya. Karena terlalu lelah, Zaskia sampai memiliki pemikiran negatif saat merawat anaknya.

"Sampai aku mikir, dia aku lempar aja apa ya biar diem. Atau aku tutup aja mukanya pakai bantal aja biar diem," cerita Zaskia Adya Mecca dalam channel Youtube-nya.

Baca Juga: Diet Keto Bisa Menurunkan Risiko Virus Corona Covid-19, ini Caranya!

Akhirnya, ia meminta suami atau orang lainnya menjaga sang anak. Zaskia juga mulai membiarkan bayinya tidur di kasur terpisah. Sehingga saat istirahat ia bisa tidur dengan maksimal.

Zaskia Adya Mecca bersama dengan anak kelimanya di Jogja. - (YouTube/TheBramantyo)
Zaskia Adya Mecca bersama dengan anak kelimanya di Jogja. - (YouTube/TheBramantyo)

Sekitar 40 persen wanita yang baru melahirkan bisa mengalami baby blues, seperti Zaskia Adya Mecca. Baby blues merupakan gangguan suasana hati yang dialami oleh ibu setelah melahirkan.

Kondisi ini menyebabkan ibu mudah sedih, lelah, lekas marah, menangis tanpa alasan dan mudah gelisah.

Baby blues dilansir dari Alodokter bisa terjadi sejak minggu pertama setelah melahirkan dan umumnya bertahan sampai 2 minggu. Keluhan baby blues memang tidak muncul terus-menerus, tapi hilang dan timbul.

Meski begitu, gejala baby blues ini harus ditangani dengan baik agar tidak berkembang menjadi depresi pasca melahirkan. Sampai sekarang pun masih belum diketahui penyebab baby blues, tapi beberapa kondisi bisa memicunya.

Baca Juga: Hati-hati! Ini 5 Tanda Anda Pernah Terinfeksi Virus Corona

1. Perubahan hormon

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar