alexametrics

Hari Ibu: Berikut 5 Fakta Menakjubkan yang Hanya Dimiliki Seorang Ibu

Risna Halidi | Dinda Rachmawati
Hari Ibu: Berikut 5 Fakta Menakjubkan yang Hanya Dimiliki Seorang Ibu
Ilustrasi: 5 Fakta Menakjubkan yang Hanya Dimiliki Seorang Ibu (Shutterstock)

Dda lima hal fakta menakjubkan yang hanya dimiliki oleh seorang ibu. Ingin tahu apa saja?

Suara.com - Momen Hari Ibu diperingati pada 22 Desember setiap tahunnya di Indonesia. Ibu yang telah melahirkan kita di dunia memang tak bisa tergantikan oleh apapun di dunia ini.

Sosoknya yang penuh cinta akan selalu ada untuk mendukung dan memberi semangat untuk buah hatinya.

Bukan hanya itu, ternyata masih ada lima hal lainnya mengenai fakta menakjubkan yang hanya dimiliki oleh seorang ibu. Ingin tahu apa saja? Berikut daftarnya seperti dilansir Mommypotamus!

1. Setelah melahirkan, ibu tetap akan membawamu ke mana pun ia pergi
Ada pepatah tentang ibu yang terkenal, yang isinya, "Kami menggendong anak-anak kami sebentar, dan di hati kami selamanya". Ya, itu benar.

Baca Juga: Dampak Ibu Hamil Tak Minum Vitamin? Ini Kata Dokter Kandungan

Dalam kehamilan, perempuan berubah bentuk, perut mereka membesar seperti bulan. Setelah melahirkan, mereka memiliki jenis keajaiban lain, yakni microchimerism atau mikrokimerisme, suatu kondisi di mana perempuan menyimpan sel yang berasal dari anak-anak mereka bahkan puluhan tahun setelah mereka melahirkan.

Sel-sel ini penuh dengan DNA anak-anak mereka, terkumpul di dalam jantung, otak dan mana pun tempat yang bisa kita pikirkan. Anak-anak mereka menjadi bagian dari diri mereka, sering kali tinggal bersama mereka selama puluhan tahun.

Dampak penuh mikrokimerisme tidak diketahui, tetapi ada bukti bahwa sel janin dapat memberikan perlindungan terhadap kanker tertentu. Misalnya, sel yang berada di jaringan payudara perempuan lebih sehat daripada mereka yang menderita kanker payudara.

Sel janin juga lebih jarang ditemukan pada perempuan yang mengembangkan penyakit Alzheimer, menunjukkan bahwa sel tersebut memberikan perlindungan pada usia lanjut. Sel janin dapat menyumbangkan sel punca, menghasilkan neuron baru di otak ibu, bahkan membantu menyembuhkan jantungnya.

2. Ibu yang menyusui sama seperti sedang membuat obat dari tubuhnya sendiri untuk anak mereka
Para peneliti telah lama mengetahui bahwa menyusui dapat membuat kekebalan tubuh bayi lebih baik, yang berarti bahwa saat bayi bertemu bakteri dan virus, ibu akan membuat senyawa penguat kekebalan dan menyebarkannya melalui ASI.

Baca Juga: Perjuangan Sumrinah, Bersihkan Kota Semarang Demi Anaknya Tak Putus Sekolah

Tetapi bagaimana tubuhmu tahu kapan harus membuatnya, dan apa sebenarnya yang harus dibuat? Ahli biologis Katie Hinde memiliki teori yang menarik, yakni Baby backwash.

Komentar