alexametrics

Cegah Penyakit Menular, Kemenkes Anjurkan Bumil Lakukan 3 Tes Ini

Risna Halidi | Lilis Varwati
Cegah Penyakit Menular, Kemenkes Anjurkan Bumil Lakukan 3 Tes Ini
Ilustrasi: Cegah Penyakit Menular, Kemenkes Anjurkan Bumil Lakukan 3 Tes Ini (Unsplash)

Kesehatan janin dalam kandungan memiliki kaitan dengan kondisi kesehatan ibu.

Suara.com - Kesehatan janin dalam kandungan memiliki kaitan dengan kondisi kesehatan ibu. Bahkan ada beberapa penyakit yang bisa ditularkan ibu kepada bayi yang dikandungnya seperti HIV, sifilis, dan hepatitis B.

Karena itu, Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Langsung (P2PML) Kementerian Kesehatan dr. Siti Nadia Tarmizi menyampaikan pentingnya bagi ibu hamil melakukan tes terhadapt tiga penyakit tersebut sejak usia kehamilan tri semester pertama.

"Untuk pencegahan dari ibu hamil, dari trisemester pertama kita langsung menawarkan tiga tes yaitu tes HIV, sifilis, dan hepatitis B. Di mana ketiga penyakit yang dapat menular dari ibu ke anak," kata Nadia dalam webinar 'Tahun Baru dan Semangat Baru Menuju Akhir AIDS 2030: Sanggupkah Kita atau Retorika Belaka?', Selasa (29/12/2020) kemarin.

Jika ibu terbukti menderita satu atau bahkan lebih dari tiga penyakit tersebut, petugas medis akan langsung melakukan tata laksana pencegahan agar penyakit yang ibu derita tidak menular kepada anak, jelas Nadia.

Baca Juga: 4 Informasi Terkini Soal Program Vaksinasi Virus Corona

"Kalau anak kemudian positif berarti kita terlambat untuk mencegah ketiga penyakit kepada anaknya," imbuh Nadia.

Setelahnya, tes juga sebaiknya dilakukan terhadap pasangan untuk memastikan apakah pasangan menderita penyakit yang sama. "Sehingga bisa juga melakukan tata laksana lebih dini untuk pasangan," tuturnya.

Nadia menyampaikan, jika ibu hamil ditemukan positif HIV maka akan segera diberikan obat anti retro viral (ARV) untuk menghambat pertumbuhan sel virus HIV. Obat tersebut berupa tablet yang harus diminum per 24 jam dan seumur hidupnya.

Sedangkan untuk positif tes sifilis, segera diberikan Benzatin Benzin Penicilin/Benzatin Penicilin G 2,4 juta IU boka-boki. Dan untuk positif tes hepatitis B akan dilakukan pengawasan kasus atau jika dibutuhkan dirujuk ke puskesmas atau layanan kesehatan. 

Baca Juga: Surat Izin Turun, Alat Deteksi Covid-19 Buatan UGM GeNose Siap Diedarkan

Komentar