alexametrics

Indonesia Tembus Sejuta Kasus Covid-19, Singapura dan Filipina Bagaimana?

M. Reza Sulaiman
Indonesia Tembus Sejuta Kasus Covid-19, Singapura dan Filipina Bagaimana?
Kasus Covid-19 di Indonesia tembus sejuta. Singapura dan Filipina bagaimana? (Shutterstock)

Indonesia melaporkan data terbaru jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang telah mencapai lebih dari 1 juta. Bagaimana dengan negara tetangga Singapura dan Filipina?

Suara.com - Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin melaporkan data terbaru jumlah kasus Covid-19 di Indonesia yang telah mencapai lebih dari 1 juta. Bagaimana dengan negara tetangga Singapura dan Filipina?

Dilansir Anadolu Agency, Singapura mengkonfirmasi 14 kasus baru Covid-19 dengan seluruhnya merupukan kasus impor.

"Tidak ada kasus penularan lokal yang dilaporkan di komunitas atau di asrama pekerja asing," ujar Kementerian Kesehatan Singapura.

Dengan tambaha ini, artinya total kasus kini naik menjadi 59.366. Infeksi kasus Covid-19 terus bertambah setelah libur panjang akhir tahun.

Baca Juga: Kasus Covid-19 Tembus Sejuta Seharusnya Jadi Duka dan Renungan

Singapura juga memperketat aturan untuk mengantisipasi risiko penularan selama tahun baru Imlek mendatang. Bentuknya berupa pembatasan tamu rumah hingga maksimal delapan per hari.

Negara ini juga meminta warganya untuk tidak berkunjung ke lebih dari dua rumah per hari.

Sementara Menteri Pendidikan sekaligus kepala gugus tugas Lawrence Wong mengatakan bisa jadi perlu empat hingga lima tahun untuk Singapura keluar dari pandemi Covid-19 dan memasuki fase normal pasca-Covid-19.

Wong juga mengatakan bahwa masih ada ketidakpastian besar soal bagaimana virus ini akan membentuk masyarakat di tahun-tahun mendatang.

"Maka langkah-langkah protokol kesehatan seperti mengenakan masker dan menghindari keramaian akan berlanjut di tahun ini dan mungkin di tahun depan," ujar dia.

Baca Juga: Kasus Covid Tembus 1 Juta, Nakes Berguguran, Menkes: Saatnya Kita Berduka

Sementara itu, infeksi Covid-19 di Filipina melampaui angka 516.000. Departemen Kesehatan mengatakan ada penambahan 1.173 infeksi baru, sehingga total menjadi 516.166.

Komentar