Studi: Anggur Disebut Bisa Lindungi dari Kerusakan Kulit Akibat Sinar UV

Rauhanda Riyantama, Fita Nofiana

Minggu, 07 Februari 2021 | 15:15 WIB
Studi: Anggur Disebut Bisa Lindungi dari Kerusakan Kulit Akibat Sinar UV
Ilustrasi anggur

Suara.com - Sebagai sumber antioksidan dan vitamin C dan K, anggur sangat bagus untuk kesehatan jantung, dapat menangkal kanker, dan bahkan mencegah diabetes. Namun pada penelitian baru, anggur disebut dapat melindungi kulit Anda dari kerusakan akibat sinar UV.

Melansir dari Healthshots, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of American Academy of Dermatology menemukan bahwa mengonsumsi anggur dapat melindungi dari kerusakan kulit akibat sinar ultraviolet (UV) yang disebabkan oleh matahari.

Penelitian yang dilakukan di University of Alabama, Birmingham dan dipimpin oleh peneliti utama Craig Elmets, M.D., menyelidiki dampak mengonsumsi bubuk anggur utuh atau setara dengan 2,25 cangkir anggur per hari selama 14 hari terhadap kerusakan foto akibat sinar UV.

Subjek penelitian menunjukkan adanya peningkatan resistensi terhadap sengatan matahari dan penurunan penanda kerusakan UV pada tingkat sel. Komponen alami yang ditemukan dalam anggur yang dikenal sebagai polifenol dianggap bertanggung jawab atas efek menguntungkan ini.

Analisis biopsi kulit juga menunjukkan bahwa diet anggur dikaitkan dengan penurunan kerusakan DNA, lebih sedikit kematian sel kulit, dan pengurangan penanda inflamasi yang jika dibiarkan dapat merusak fungsi kulit dan berpotensi menyebabkan kanker kulit.

“Kami melihat efek fotoprotektif yang signifikan dengan konsumsi anggur dan kami dapat mengidentifikasi jalur molekuler di mana manfaat tersebut terjadi melalui perbaikan kerusakan DNA dan pengaturan jalur proinflamasi,” kata Dr Elmets.

"Anggur dapat bertindak sebagai tabir surya yang dapat dimakan, menawarkan lapisan perlindungan tambahan selain produk tabir surya topikal," tambah Dr Elmets.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Ketahui Gejala dan Tanda Perempuan Alami Hamil Anggur

Ketahui Gejala dan Tanda Perempuan Alami Hamil Anggur

Health | Jum'at, 05 Februari 2021 | 11:32 WIB

Jangan Ditiru! Oplosan Anggur Merah Dicampur Susu Kental

Jangan Ditiru! Oplosan Anggur Merah Dicampur Susu Kental

Video | Selasa, 02 Februari 2021 | 19:00 WIB

Lawan Kerusakan Kulit Akibat Sinar UV Pakai Ekstrak Artemisia khas Korea

Lawan Kerusakan Kulit Akibat Sinar UV Pakai Ekstrak Artemisia khas Korea

Lifestyle | Jum'at, 29 Januari 2021 | 19:50 WIB

Terkini

Kasus Sutrimo Naik Penyidikan! Polisi Temukan Unsur Pidana di Balik Kejanggalan Kematian

Kasus Sutrimo Naik Penyidikan! Polisi Temukan Unsur Pidana di Balik Kejanggalan Kematian

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:43 WIB

Daftar Perombakan MSCI untuk Saham Indonesia, IHSG Bersiap Tertekan?

Daftar Perombakan MSCI untuk Saham Indonesia, IHSG Bersiap Tertekan?

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:38 WIB

Hearts2Hearts Debut Jepang Lewat Iconic Heart: Semangat Tuk Ikuti Kata Hati

Hearts2Hearts Debut Jepang Lewat Iconic Heart: Semangat Tuk Ikuti Kata Hati

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:35 WIB

30 Kumpulan Gambar Ucapan Selamat Hari Pramuka 2026 Gratis, Desain Menarik untuk Medsos

30 Kumpulan Gambar Ucapan Selamat Hari Pramuka 2026 Gratis, Desain Menarik untuk Medsos

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:35 WIB

4 Sebab Ibu Hamil yang Berencana Lahiran Normal Mendadak Harus Operasi Caesar

4 Sebab Ibu Hamil yang Berencana Lahiran Normal Mendadak Harus Operasi Caesar

Health | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:33 WIB

KUR Bank Mandiri Tembus Rp25,63 Triliun hingga Juli 2026, Puluhan Ribu UMKM Naik Kelas

KUR Bank Mandiri Tembus Rp25,63 Triliun hingga Juli 2026, Puluhan Ribu UMKM Naik Kelas

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:25 WIB

Bukan Cuma Jasad, Tanah Makam Sutrimo Juga Diambil untuk Pemeriksaan Forensik

Bukan Cuma Jasad, Tanah Makam Sutrimo Juga Diambil untuk Pemeriksaan Forensik

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:18 WIB

Bara di Anak Tuha: Saat Sengketa Lahan Berujung Pembakaran PT BSA

Bara di Anak Tuha: Saat Sengketa Lahan Berujung Pembakaran PT BSA

Lampung | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:11 WIB

Bahaya Scroll Society: Saat Anak Muda Mahir Scrolling, Lupa Berpikir

Bahaya Scroll Society: Saat Anak Muda Mahir Scrolling, Lupa Berpikir

Your Say | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:10 WIB

Profil dan Karier Aida Budiman yang Diusulkan Prabowo Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Profil dan Karier Aida Budiman yang Diusulkan Prabowo Jadi Deputi Gubernur Senior BI

Bisnis | Kamis, 13 Agustus 2026 | 08:08 WIB

×