alexametrics

Anak Kena Minyak Panas, Berikut Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan

Arendya Nariswari | Fita Nofiana
Anak Kena Minyak Panas, Berikut Pertolongan Pertama yang Harus Dilakukan
Ilustrasi anak sakit. (Shutterstock)

Kena minyak panas akan memicu luka bakar, rasa panas hingga nyeri yang tak akan nyaman untuk anak.

Suara.com - Memiliki anak kecil di rumah memang perlu ekstra hat-hati. Anda perlu menjauhkan berbagai alat atau barang-barang berisiko termasuk minyak panas. Selain menjauhkan anak dari minyak panas dan area berbahaya lainnya, keahlian pertolongan pertama juga perlu Anda miliki.

Kena percikan minyak panas akan memicu luka bakar, nyeri, bengkak, dan kemerahan yang tak nyaman bagi anak. Oleh karena itu, melansir dari Raising Child, berikut tips pertolongan pertama saat anak kena percikan minyak panas, antara lain:

1. Perhatikan Lukanya

Jika luka bakar parah atau jika luka bakar sampai ke saluran napas anak, hubungi ambulans sesegara mungkin. Begitupun jika Anda tak yakin seberapa parah luka bakar anak, maka segera bawa ke fasilitas kesehatan terdekat.

Baca Juga: Atasi Mimisan Sampai Luka Bakar, Kuasai 5 Teknik Pertolongan Pertama Ini

2. Tanggalkan Pakaian

Tanggalkan pakaian (termasuk popok) atau perhiasan di sekitar luka bakar. Namun jika pakaian menempel di luka bakar, Anda mungkin harus memotong pakaian untuk melepaskannya.

3. Siram Air

Sesegera mungkin, siram area yang terbakar di bawah air biasa mengalir selama total 20 menit (jangan air es). Ini akan mengurangi kerusakan jaringan dan nyeri. Anda tidak perlu mendinginkan luka bakar selama 20 menit sekaligus, bisa diselang-seling. Anda dapat mendinginkan luka bakar seperti ini hingga tiga jam setelah cedera.

4. Tutupi Luka

Baca Juga: Belajar dari Rina Gunawan, Ini Pertolongan Pertama Sesak Napas

Setelah Anda menyelesaikan perawatan air atau saat Anda membawa anak ke dokter, tutupi luka bakar dengan kain kassa yang longgar, ringan, dan tidak lengket.

Angkat anggota tubuh yang terbakar. Kemudian tutupi anak Anda dengan selimut dan jaga agar tetap hangat.

Ilustrasi anak menangis [Shutterstock]
Ilustrasi anak menangis [Shutterstock]

5. Jangan Lakukan!

Saat anak terkena luka bakar akibat minyak panas, Anda tak boleh melepaskan pakaian yang menempel di luka, memecahkan lepuh, mengoleskan es, air es, minyak, salep, mentega, hingga pasta gigi yang malah akan memperburuk luka.

Selain lima pertolongan pertama di atas, Anda harus segera memanggil ambulan jika luka bakar akibat minyak panas terjadi pada wajah, alat kelamin, dan saluran pernapasan. Anda juga harus segera membawa anak ke dokter jika ada lepuhan yang lebih besar dari koin atau luka bakar yang timbul terlihat dalam.

Komentar