alexametrics

Tak Hanya Menyedapkan Makanan, Ini 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan

Rauhanda Riyantama | Fita Nofiana
Tak Hanya Menyedapkan Makanan, Ini 6 Manfaat Bawang Putih untuk Kesehatan
Bawang Putih, Salah Satu Makanan Antikanker. (Shutterstock)

Bawang putih disebut bisa memberikan berbagai manfaat untuk kesehatan.

Suara.com - Bawang putih memang sudah umum dijadikan penyadap makanan. Namun tak hanya menyedapkan masakan Anda, bawang putih juga memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan.

Melansir dari Everyday Health, berikut enam manfaat menambahkan bawang putih pada makanan Anda, antara lain:

1. Menurunkan Tekanan Darah

Beberapa siung bawang putih sehari dapat membantu mencegah tekanan darah tinggi “Bawang putih merangsang sintesis oksida nitrat yang melebarkan pembuluh darah dan menghambat aktivitas ACE (enzim pengubah angiotensin),” kata Sudha Raj, PhD, RDN, seorang profesor pengajar di Syracuse University Falk College of Sport and Human Dynamics di Syracuse, New York.

Baca Juga: Viral Foto Satpam Makan Nasi Lauk Bawang Mentah, Alasannya Bikin Haru

Penghambat ACE sendiri membantu mengendurkan pembuluh darah yang berpotensi mendukung aliran dan tekanan darah yang sehat.

2. Meredakan Peradangan

Para ilmuwan percaya bahwa peradangan kronis adalah pendorong di balik penyakit kronis, termasuk penyakit jantung, diabetes, kanker, dan radang sendi.

"Bawang putih, di sisi lain, membantu menghambat aktivitas protein inflamasi tertentu," kata Raj.

3. Menurunkan Kolesterol

Baca Juga: Duh! Stok Bawang Putih di Jawa Tengah Menipis, Bisa Terjadi Kelangkaan

Meta-analisis dan tinjauan studi yang diterbitkan pada Mei 2018 di Medicine menyimpulkan bahwa mengonsumsi suplemen bawang putih efektif dalam menurunkan kolesterol total dan kadar kolesterol LDL tinggi.

4. Mendukung Fungsi Kekebalan Tubuh

Allicin dalam bawang putih memberikan sifat antibakteri. Para ilmuwan juga percaya bahwa bawang putih memiliki sifat antivirus yang dapat bekerja dalam dua cara, yakni dengan memblokir masuknya virus ke dalam sel dan dengan memperkuat respons kekebalan sehingga dapat secara efektif melawan penyerang potensial.

Ilustrasi Bawang Putih. (Unsplash/@nordwood)
Ilustrasi Bawang Putih. (Unsplash/@nordwood)

5. Mengurangi Pembekuan Darah

Senyawa dalam bawang putih (dan bawang merah) telah terbukti mengurangi kelengketan trombosit dan memiliki sifat anti-pembekuan. Hal ini dapat membantu mencegah aterosklerosis, suatu proses di mana penumpukan plak menyebabkan pengerasan dan penyempitan arteri.

6. Bawang Putih Sebagai Antioksidan

Bawang putih juga mengandung antioksidan. Menurut ulasan yang diterbitkan pada Juli 2020 di Antioxidants. Antioksidan tidak hanya bermanfaat bagi pembuluh darah dan mengurangi peradangan tetapi juga dapat menyerap radikal bebas yang merusak yang dapat menyebabkan penyakit seperti kanker.

Komentar