alexametrics

Tetap Berenergi & Terhidrasi saat Puasa, Konsumsi 4 Makanan Ini saat Sahur!

Yasinta Rahmawati | Rosiana Chozanah
Tetap Berenergi & Terhidrasi saat Puasa, Konsumsi 4 Makanan Ini saat Sahur!
Ilustrasi makan sahur (Shutterstock)

Agar aktivitas tetap berjalan lancar, Anda harus mendapat asupan dengan nutrisi penting.

Suara.com - Ramadan dianggap sebagai bulan tersuci dalam agama Islam. Selama satu bulan, umat muslim diharuskan puasa atau menahan nafsu dari segala hal yang membatalkan, termasuk makan dan minum.

Agar aktivitas puasa tetap berjalan lancar, Anda harus mendapat asupan dengan nutrisi penting. Nutrisi penting ini akan memberi tubuh manusia cukup stamina selama menjalani hari.

Berdasarkan NDTV Food, berikut rekomendasi makanan sahur yang akan membuat Anda tetap berenergi dan terhidrasi sepanjang hari:

1. Telur

Baca Juga: Geger Anak Kambing Mata Satu, Dokter Hewan: Bisa Kekurangan Protein

Telur mengandung banyak protein, vitamin, dan nutrisi. Makan telur saat sahur dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

2. Oatmeal

Oatmeal adalah sumber protein dan karbohidrat. Makanan kaya protein memberi Anda banyak energi. Anda dapat mencampurkannya dengan susu agar mendapat nutrisi tambahan.

Sahur (shutterstock)
Sahur (shutterstock)

3. Ikan atau ayam

Ikan dikenal sebagai makanan penambah vitalitas. Tapi usahakan untuk tidak menggoreng ikan karena bisa menyebabkan kembung.

Baca Juga: Kekurangan Protein Bikin Lansia Rentan Alami Sarcopenia, Penyakit Apa Itu?

Sementara itu, ayam memiliki nutrisi penghasil energi yang akan memudahkan Anda berpuasa, ini berfungsi sepanjang hari.

4. Buah dan sayuran

Buah dan sayuran kaya akan mineral dan vitamin yang membantu Anda tetap terhidrasi dan berenergi. Jenis buah yang dapat dikonsumsi selama sahur adalah semangka, stroberi, persik, jeruk, tomat, serta seledri.

Selain makan-makanan di atas, ada teknik makan yang juga dapat membuat Anda lebih kenyang tahan lama yakni mengunyah secara pelan dan menikmatinya.

Pastikan Anda tidak melakukan aktivitas lain saat makan. Jika tidak, otak Anda mungkin tidak mencatatnya dengan baik dan bisa mulai merasa lapar di siang hari.

Komentar