alexametrics

Tingkatkan Kekebalan secara Alami, Konsumsi 5 Makanan Tinggi Zinc Berikut

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Tingkatkan Kekebalan secara Alami, Konsumsi 5 Makanan Tinggi Zinc Berikut
Ilustrasi telur rebus. (Elements Envato)

Berikut lima makanan mengandung zinc, apa saja?

Suara.com - Zinc adalah mineral penting yang meningkatkan kekebalan dan dapat ditemukan secara alami di beberapa jenis makanan. Zinc memainkan peran penting dalam aktivitas katalitik berbagai enzim dan meningkatkan fungsi kekebalan, sintesis protein, penyembuhan luka, sintesis DNA, dan pembelahan sel.

Melansir dari Healthshots, mineral ini juga mendukung pertumbuhan dan perkembangan normal selama kehamilan. Padahal, asupan zinc setiap hari dibutuhkan untuk menjaga indera perasa dan penciuman yang tepat.

Kekurangan mineral esensial ini dapat menghambat pertumbuhan, menyebabkan hilangnya nafsu makan, dan mengganggu fungsi kekebalan tubuh. Oleh karena itu, agar tetap sehat Anda perlu konsumsi asupan yang mengandung zinc. Berikut lima makanan yang kaya kandungan zinc, antara lain:

1. Biji-bijian

Baca Juga: Perempuan Stres Berisiko Jantung Koroner dan Berita Kesehatan Hits Lainnya

Biji-bijian seperti rami, labu, dan wijen mengandung zinc dalam jumlah tinggi (2 mg/13 persen dari nilai harian), kaya zat besi, serat, dan asam lemak omega-3. Terlebih lagi, mereka juga dapat membantu Anda melawan kolesterol tinggi dan melindungi sel Anda dari radikal bebas berbahaya yang dihasilkan selama proses metabolisme.

2. Telur

Telur adalah sumber makanan rendah kalori dan kaya protein yang menawarkan 5 persen dari kebutuhan harian zinc. Telur juga mengandung semua sembilan asam amino esensial yang dibutuhkan oleh tubuh untuk pertumbuhan dan pemeliharaan yang optimal. Selain itu, telur membantu meningkatkan kadar high-density lipoprotein (HDL) yang juga dikenal sebagai “kolesterol baik”. Tingkat HDL yang lebih tinggi dapat membantu mengurangi risiko penyakit jantung.

3. Gandum

Gandum utuh untuk sarapan pagi ini telah terbukti menjadi sumber zinc karena satu cangkir gandum mentah mengandung sekitar 27 persen (2,95 mg) dari kebutuhan harian zinc.

Baca Juga: 5 Bahan Alami untuk Tingkatkan Kekebalan Tubuh Saat Puasa

Gandum juga kaya serat dan membantu Anda tetap kenyang untuk jangka waktu yang lebih lama sehingga membantu pengelolaan berat badan yang efektif dan pengaturan kadar gula darah dan kolesterol.

Ilustrasi gandum. (Shutterstock)
Ilustrasi gandum. (Shutterstock)

4. Cokelat hitam

Satu batang 100 gram cokelat hitam 70-85 persen mengandung 3,3 mg zinc atau 30 persen dari nilai harian seng. Cokelat hitam juga sarat dengan antioksidan (15 mmol per 100 gram) dan mendukung dalam menurunkan peradangan, kadar kolesterol LDL atau kolesterol buruk dan tekanan darah.

5. Yogurt

Satu cangkir yogurt menyediakan sekitar 20-22 persen (2,2-2,38 mg) dari nilai harian seng. Yogurt juga sarat dengan nutrisi penting seperti kalsium, vitamin B2 dan B12, kalium, dan magnesium. Yogurt ringan di perut dan lebih mudah dicerna daripada susu.

Komentar