alexametrics

Jangan Diabaikan, 6 Kondisi Vagina Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Jangan Diabaikan, 6 Kondisi Vagina Ini Bisa Jadi Tanda Masalah Kesehatan
Ilustrasi vagina, organ intim perempuan. [Shutterstock]

Beberapa kondisi vagina berikut bisa menjadi tanda masalah kesehatan, apa saja?

Suara.com - Kondisi vagina Anda bisa mencerminkan kesehatan secara keseluruhan. Oleh karena itu, sangat penting untuk memahami kondisi vagina Anda.

Melansir dari Healthshots, berikut enam kondisi vagina yang bisa menjadi tanda masalah kesehatan, antara lain:

1. Keputihan

Keputihan memang salah satu hal yang umum, namun kondisi ini bisa menunjukkan berbagai masalah kesehatan.

Baca Juga: Idap Sindrom Langka, Vagina Wanita Ini Hanya Sepanjang Ruas Kuku Saja

Sebagian besar keputihan memang normal dan memiliki keragaman seperti bau serta rona. Jika Anda melihat keputihan berwarna kuning, hijau atau ada gumpalan di dalamnya dan berbau tidak sedap, maka Anda harus berbicara dengan dokter Anda. Keputihan seperti itu bisa menjadi indikasi adanya infeksi vagina.

2. Bau Vagina

Kebanyakan perempuan merasakan bau vagina. Namun jika bau vagina Anda berbeda, bisa jadi karena berbagai alasan seperti mencuci vagina dengan sabun kering, memakai produk saniter terlalu lama, dan keringat berlebih. Kondisi ini juga bisa terjadi karena infeksi bakteri dan trikomoniasis atau infeksi menular seksual.

3. Mentruasi Tidak Teratur

Menstruasi tidak teratur, baik lebih lama maupun lebih pendek terkadang bisa menjadi petunjuk untuk beberapa masalah kesehatan potensial seperti stres, ketidakseimbangan hormon, dan masalah kesehatan serius seperti PCOS (sindrom ovarium polikistik).

Baca Juga: 5 Penyebab Bau Tak Sedap pada Miss V, Salah Satunya Kelamaan Pakai Tampon

4. Vagina Gatal

Jika Anda mengalami gatal berlebihan hingga terasa sakit atau terbakar, maka itu bisa jadi tanda masalah kesehatan. Penyebab gatal dapat bervariasi dari infeksi seperti sariawan vagina hingga vaginosis bakterial atau infeksi menular seksual (IMS).

5. Benjolan Vagina

Meskipun benjolan pada vagina dalam banyak kasus bisa jadi hanya pertumbuhan jinak yang biasanya tak berbahaya, namun dalam beberapa kasus yang jarang terjadi, benjolan bisa menjadi masalah serius. Kondisi ini bisa jadi serius terutama jika benjolan membesar, menyebabkan perdarahan hingga nyeri.

6. Nyeri Berhubungan Seks

Kebanyakan perempuan terbiasa dengan rasa sakit saat berhubungan seks atau buang air kecil. Nyeri vagina seperti itu bisa menjadi kondisi yang disebut dispareunia (hubungan yang menyakitkan). Kondisi ini disebabkan karena pelumasan yang tidak mencukupi saat berhubungan seks atau kurangnya gairah seksual.

Rasa sakit saat seks juga bisa menjadi manifestasi dari masalah psikologis yang mendasari seperti kecemasan, depresi hingga stres.

Komentar