alexametrics

Anak Baim Wong Kena Flu Singapura, Ketahui Pengobatan dan Komplikasinya

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Anak Baim Wong Kena Flu Singapura, Ketahui Pengobatan dan Komplikasinya
Baim Wong, Paula Verhoeven dan Kiano Tiger Wong. [Instagram]

Anak Baim Wong dan Paula Verhoeven terkena flu Singapura yang perlu diwaspadai risiko komplikasinya.

Suara.com - Kiano, anak Baim Wong dan Paula Verhoeven didiagnosis menderita flu Singapura setelah demam beberapa hari belakangan. Selain demam, hampir sekujur tubuh Kiano juga penuh dengan bintik-bintik merah.

Awalnya, Paula sempat mengira ruam merah di tubuh anaknya karena efek dari demam tinggi. Tapi setelah diperiksa, dokter mengatakan Kiano terkena flu Singapura.

"Bingung deh, kalau dugaanku mungkin karena panas tinggi jadi keluar merah-merah kayak bintik-bintik. Kemarin nggak keluar merah-merah, sekarang keluar semua badan," kata Paula Verhoeven dalam vlog YouTube Baim Paula.

Flu Singapura adalah penyakit menular akibat infeksi virus yang sering menyerang anak-anak usia 5 hingga 10 tahun. Virus penyebab penyakit ini bisa menyebar melalui sentuhan kulit, tangan yang kotor dan permukaan yang terkontaminasi.

Baca Juga: Apa yang Membuat Varian Virus Corona India Lebih Berbahaya?

Oleh sebab itu dilansir dari Alodokter, orangtua perlu paham betul pengobatan yang tepat ketika menghadapi anak terkena flu Singapura. Meskipun penyakit ini tergolong jarang membahayakan, tapi pahami pula risiko komplikasinya.

Kiano yang terkena flu Singapura (Youtube/Baim Paula)
Kiano yang terkena flu Singapura (Youtube/Baim Paula)

Pengobatan Flu Singapura

Sebagian besar kasus, anak yang menderita flu Singapura tidak membutuhkan pengobatan khusus karena kondisinya akan membaik setelah 7 hingga 10 hari. Tapi dilansir dari Alodokter, dokter akan memberikan sejumlah obat untuk meredakan gejalanya dan mempercepat pemulihan.

  1. Paracetamol atau ibuprofen untuk meredakan demam dan mengurangi nyeri
  2. Salep kulit untuk mengurangi gejala pada kulit, seperti ruam, lepuh dan gatal di kulit
  3. Tablet isap untuk mengurangi nyeri tenggorokan

Pasien juga biasanya disarankan makan es krim atau minuman dingin untuk membantu mengurangi peradangan. Di samping itu, pasien juga harus minum banyak air putih untuk mencegah dehidrasi.

Komplikasi Flu Singapura

Baca Juga: Tokyo Mengonfirmasi Kasus Pertama Virus Corona Mutan Ganda dari India

Meskipun penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa hari. Flu Singapura bisa menyebabkan beberapa komplikasi yang perlu diwaspadai.

Komentar