alexametrics

Tidak Bisa Mudik, Ini Tips Asyik Lebaran Di Rumah Anti Bosan dari Satgas

M. Reza Sulaiman | Dian Kusumo Hapsari
Tidak Bisa Mudik, Ini Tips Asyik Lebaran Di Rumah Anti Bosan dari Satgas
Jalin Silaturahmi di Tengah Pandemi, Lebaran di Rumah Aja. (Suara.com/ Dendi Afriyan)

Lebaran di tengah pandemi Covid-19 memang tidak ideal. Pertemuan dengan keluarga dibatasi, bahkan pemerintah melarang masyarakat untuk mudik dan lebaran di rumah saja.

Suara.com - Lebaran di tengah pandemi Covid-19 memang tidak ideal. Pertemuan dengan keluarga dibatasi, bahkan pemerintah melarang masyarakat untuk mudik dan lebaran di rumah saja.

Namun, itu bukan berarti Anda wajib menghabiskan lebaran dengan kebosanan. Satgas Covid-19 sub bidang relawan memberikan tips asyik lebaran di rumah saja. Seperti apa?

Satuan Tugas Penanganan Covid-19 telah menerbitkan Surat Edaran (SE) tentang larangan mudik Lebaran Nomor 13 Tahun 2021. Ditujukan bagi semua masyarakat pada saat momen Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah, dan berlaku 6-17 Mei 2021.

Sedangkan implementasinya, petugas akan melakukan razia SIKM (Surat Izin Keluar Masuk) di beberapa jalur mudik seperti di pintu kedatangan, perbatasan kota besar, titik pengecekan, dan titik penyekatan.

Baca Juga: Libur Lebaran, ShopeePay Beri Cashback hingga 90% bagi Gamers

Pelanggaran terhadap SE tadi akan dikenakan sanksi denda, sanksi sosial, kurungan dan/atau pidana sesuai peraturan perundang-undangan.

Untuk perjalanan dinas luar kota wajib dibekali SIKM dari pejabat setingkat eselon II jika PNS, BUMN/BUMD, TNI-Polri; dari pimpinan perusahaan jika swasta; dari kepala desa/lurah jika pekerja informal dan masyarakat umum.

Namun Anda tidak perlu khawatir, dikutip melalui akun instagram @satgas.relawan ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan agar bisa tetap merayakan hari raya Idul fitri dirumah saja yang menyenangkan dan tidak membosankan.

Pertama adalah Anda bisa menggunakan layanan internet dan streaming untuk menyiarkan pengumuman penting dan pelayanan keagamaan. Kedua adalah hindari makan di tempat umum.

Ketiga adalah jika berbelanja, hindari pasar yang ramai dan selalu menjaga jarak. Dan yang terakir adalah pastikan untuk tidak mencicipi makanan di pasar atau supermarket.

Baca Juga: Catat! Imbauan Anies Soal Libur Lebaran: dari Salat Ied hingga Ziarah

Mengunjungi keluarga adalah salah satu tradisi di bulan Ramadhan. Namun, selama pandemi, berkomunikasi cukup dilakukan dengan telepon dan bertukar pesan.

Komentar