alexametrics

Kenalkan Pola Makan Sehat Pada Anak, Apa yang Perlu Diperhatikan?

M. Reza Sulaiman | Aflaha Rizal Bahtiar
Kenalkan Pola Makan Sehat Pada Anak, Apa yang Perlu Diperhatikan?
Anak makan, diet sehat untuk anak. (Shutterstock)

Mengenalkan pola makan sehat pada anak sejak dini baik agar ia tidak memilih-milih makanan ketika dewasa kelak.

Suara.com - Mengenalkan pola makan sehat pada anak sejak dini baik agar ia tidak memilih-milih makanan ketika dewasa kelak.

Menurut Ustaz Zaidul Akbar, salah satu cara paling tepat untuk mengenalkan pola makan sehat pada anak adalah dengan mengenalkan komposisi yang terkandung.

“Misal, makanan ini kalau saya makan bisa jadi masalah nggak di tubuh saya, bisa bikin repot orang tua nggak? Kalau dikonsumsi sepanjang hari, itu bisa batuk, demam, bahkan diare nggak? Ini kan bisa menyusahkan orang tua,” paparnya dilihat dari akun youtube Zaidul Akbar Official.

Karena itu, ia mengimbau untuk mengalihkan makanan dari yang tidak sehat ke makanan yang sehat.

Baca Juga: Simak Tips Pertahankan Pola Makan Sehat Saat Lebaran

“Minta orang tua untuk mengganti makanan yang tadinya tidak sehat ke yang sehat. Dengan makanan yang baik dan halal, maka tubuh akan lebih sehat,” ungkapnya.

Bagi anak, dr. Zaidul Akbar mengatakan perlu menjaga tubuh. Agar bisa belajar dan bersekolah.

“Maka perlu jaga tubuhnya, supaya nanti bisa belajar, bisa tetap sekolah, bisa bertemu teman, dan bisa berbakti kepada orang tua,” pesannya.

Sementara itu situs WebMD menyebut ada sejumlah cara yang bisa dilakukan orangtua agar anak mau makan sehat, di antaranya:

1. Hindari membatasi makanan

Baca Juga: Catat! Pola Makan Sehat untuk Ibu Hamil, Bantu Perkembangan Janin Juga Loh

Membatasi makanan meningkatkan risiko anak mengalami gangguan makan, seperti anoreksia atau bulimia, di kemudian hari. Ini juga dapat memberi efek negatif pada pertumbuhan dan perkembangan anak.

Komentar