alexametrics

Waspada! Virus Corona dari Anjing Bisa Mengancam Kesehatan Manusia

M. Reza Sulaiman
Waspada! Virus Corona dari Anjing Bisa Mengancam Kesehatan Manusia
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Virus Corona merupakan patogen yang bisa menyebabkan beragam penyakit berbahaya, mulai dari Covid-19, SARS, hingga MERS.

Suara.com - Virus Corona merupakan patogen yang bisa menyebabkan beragam penyakit berbahaya, mulai dari Covid-19, SARS, hingga MERS.

Jika Covid-19 diduga berasal dari kelelawar dan MERS berasal dari unta, peneliti menemukan virus Corona terbaru yang berasal dari anjing dan berpotensi mengancam kesehatan manusia.

Dilansir ANTARA, jenis virus corona baru yang diyakini berasal dari anjing muncul di antara pasien yang dirawat di rumah sakit karena pneumonia pada 2017-2018.

Virus ini mungkin menjadi virus corona asing kedelapan yang diketahui menyebabkan penyakit pada manusia jika dipastikan sebagai patogen.

Baca Juga: Boris Johnson Sebut Semua Vaksin Covid-19 Efektif Lawan Virus Corona India

Para ilmuwan melakukan penelitian yang dipublikasi di jurnal Clinical Infectious Diseases pada Kamis (20/5), mengatakan temuan mereka menggarisbawahi ancaman kesehatan masyarakat dari virus corona hewan.

Menurutnya, mereka telah menguji sampel tes hidung yang diambil dari 301 pasien pneumonia di rumah sakit di Sarawak, Malaysia timur. Delapan dari sampel, kebanyakan dari anak-anak berusia di bawah 5 tahun, kembali positif terinfeksi virus corona anjing.

Urutan genom lebih lanjut menemukan bahwa jenis baru, bernama CCoV-HuPn-2018, mempunyai karakteristik serupa dari virus corona lain yang diketahui telah menginfeksi kucing dan babi, namun sebagian besar serupa dengan yang diketahui telah menginfeksi anjing.

Jenis itu juga memiliki delesi gen, atau mutasi, yang tidak ditemukan pada virus corona anjing yang diketahui, namun hadir pada strain manusia seperti SARS-COV dan SARS-COV-2, virus di balik pandemi COVID-19. Sumber virus corona SARS-COV-2 itu sendiri, baik hewan atau lainnya, masih belum jelas.

Penulis jurnal mengatakan temuan-temuan itu mengindikasikan bahwa virus kemungkinan baru-baru ini berpindah dari hewan ke manusia, namun menekankan bahwa perlu lebih banyak riset untuk menentukan apakah virus dapat ditransmisikan antarmanusia.

Baca Juga: Benarkah Autoantibodi Tingkatkan Keparahan Infeksi Virus Corona Covid-19?

Mereka juga mengatakan bahwa masih belum jelas apakah virus dapat membuat orang sakit, melihat bahwa kemungkinan virus hanya "dibawa" di saluran udara pasien tanpa menyebabkan penyakit.

Komentar