alexametrics

Sempat Positif Covid-19, Menparekraf Sandiaga Uno Akhirnya Dapat Vaksin

Bimo Aria Fundrika
Sempat Positif Covid-19, Menparekraf Sandiaga Uno Akhirnya Dapat Vaksin
Menparekraf Sandiaga Uno Akhirnya Dapat Vaksin. (Dok: Kemenparekraf)

Vaksinasi merupakan salah satu program utama yang dijalankan pemerintah dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak akibat pandemi.

Suara.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno akhirnya mendaptkan vaksin Covid-19 dosis pertamanya.

Vaksinasi ini baru dilakukan lantaran, sebelumnya Sandiaga Uno sempat dinyatakan positif Covid-19.

"Enam bulan lalu saya terkena COVID-19, dan hari ini atas saran dokter saya menjalani vaksinasi. Tadi saya menggunakan vaksin AstraZeneca, alhamdulillah tidak ada keluhan. Semua berlangsung lancar dan saya ikuti proses ini sebagai masyarakat biasa," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya.

Sandiaga sendiri mendapat vaksin Covid-19 di Neo Soho Central Park, Jakarta Barat. Sebanyak 3.300 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif juga ikut menjalani vaksinasi yang berlangsung mulai hari ini.

Baca Juga: Wagub Jabar Positif Covid-19, Kang Emil: Mohon Doanya

Menparekraf Sandiaga Uno Akhirnya Dapat Vaksin. (Dok: Kemenparekraf)
Menparekraf Sandiaga Uno Akhirnya Dapat Vaksin. (Dok: Kemenparekraf)

Menparekraf menjelaskan, vaksinasi merupakan salah satu program utama yang dijalankan pemerintah dalam upaya membangkitkan kembali sektor pariwisata dan ekonomi kreatif yang terdampak akibat pandemi Covid-19.

Ia pun mengapresiasi kolaborasi dari berbagai pihak yang turut aktif dalam mendukung percepatan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 di Indonesia, terutama pada sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

"Vaksinasi hari ini adalah bagian dari dukungan kami pada program vaksinasi dari Kementerian Kesehatan untuk mencapai herd immunity sebagai bentuk dukungan akan upaya pemerintah dalam distribusi vaksinasi Covid-19 untuk mempercepat pemulihan ekonomi nasional," kata Sandiaga.

Program percepatan vaksinasi yang dijalankan Kemenparekraf/Baparekraf telah memasuki bulan ke-6. Namun Menparekraf mengungkapkan, dari target 70 persen vaksinasi terhadap 34 juta pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif, hingga saat ini baru tercapai sekitar 3 persen.

Untuk itu ia mengajak lebih banyak pihak-pihak untuk berkolaborasi bersama dalam membantu percepatan vaksinasi terutama di lingkup pariwisata dan ekonomi kreatif yang tertekan akibat pandemi dan melambatnya ekonomi.

Baca Juga: Muncul Klaster Paduan Suara, Dinkes Sebut 18 orang Terkonfirmasi Covid-19

"Semakin banyak program seperti ini akan mempercepat pelaksanaan vaksinasi. Saya ajak semua untuk menyelenggarakan program serupa di destinasi dan sentra ekonomi kreatif lain seperti Bali, Jogja, Borobudur, Danau Toba, Mandalika Lombok, dan destinasi lain," kata Sandiaga.

Komentar