Pada Wanita Dewasa, Konsumsi Makanan Sehat Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental

Yasinta Rahmawati, Rosiana Chozanah

Kamis, 10 Juni 2021 | 07:05 WIB
Pada Wanita Dewasa, Konsumsi Makanan Sehat Dapat Meningkatkan Kesehatan Mental
Ilustrasi Makan Sehat. (Shutterstock)

Suara.com - Sebuah penelitian baru dari Universitas Binghamton, State University of New York menunjukkan kesehatan mental pada wanita kemungkinan lebih berkaitan dengan faktor makanan daripada pada pria.

Asisten profesor studi kesehatan dan kebugaran di Universitas Binghamton, Lina Begdache, sebelumnya telah menerbitkan studi tentang pola makan dan suasana hati., yang mengungkapkan bahwa makanan berkualitas tinggi meningkatkan kesehatan mental.

Dalam penelitian kali ini, ia ingin menguji apakah penyesuaikan pola makan juga meningkatkan mood pada pria dan wanita dengan usia 30 tahun dan di atasnya, lapor Eurekalert.

Begdache dan asisten peneliti Cara M. Patrissy, membedah berbagai kelompok makanan yang berkaitan dengan tekanan mental pada pria dan wanita di rentang usia tersebut. Serta mempelajari pola makan dalam kaitannya dengan frekuensi olahraga dan tekanan mental.

Hasilnya menunjukkan kesehatan mental pada wanita punya hubungan yang tinggi dengan faktor makanan daripada di antara para pria.

Ilustrasi Makan. (Unsplash/Priscilla Du Preez)
Ilustrasi Makan. (Unsplash/Priscilla Du Preez)

Menurut studi ini, tekanan mental dan olahraga juga berkaitan dengan pola makan dan gaya hidup, mendukung konsep penyesuaian makanan dan faktor gaya hidup dapat meningkatkan kesejahteraan mental.

"Kami menemukan hubungan antara makan sehat, mengikuti praktik diet sehat, olahraga, dan kesejahteraan mental," ujar Begdache.

"Menariknya, kami menemukan bahwa untuk pola makan yang tidak sehat, wanita menjadi lebih mengalami tekanan mental daripada pria. Ini menegaskan bahwa wanita lebih rentan terhadap makanan yang tidak sehat daripada pria," sambungnya.

Begdache juga mengatakan bahwa faktor makanan dan olajraga mungkin menjadi garis pertahanan pertama dalam melawan tekanan mental pada wanita dewasa.

baca juga

"Makanan cepat saji, melewatkan sarapan, kafein, dan makanan yang indeks glikemiknya tinggi (HGI), terkait dengan tekanan pada mental wanita dewasa," terangnya.

Sedangkan makanan berbasis sayuran berdaun hijau tua dan buah-buahan dapat meningkatkan kesehatan mental, dan olahraga dapat mengurangi dampak negatif dari konsumsi makanan HGI dan cepat saji terhadap tekanan mental.

Penelitian ini juga menyertakan kerangka kerja yang diperlukan profesional kesehatan dalam menyesuaikan rencana diet untuk meningkatkan kesejahteraan mental pada orang dewasa.

Studi ini diterbitkan di Journal of Personalized Medicine.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Tidak Hanya Makan Makanan Sehat, Rutin Berhubungan Seks Juga Bisa Memperpanjang Usia Loh

Tidak Hanya Makan Makanan Sehat, Rutin Berhubungan Seks Juga Bisa Memperpanjang Usia Loh

Health | Selasa, 08 Juni 2021 | 21:08 WIB

Terungkap Produk Nestle Tidak Penuhi Standar Makanan Sehat

Terungkap Produk Nestle Tidak Penuhi Standar Makanan Sehat

Lampung | Senin, 07 Juni 2021 | 12:27 WIB

Pakar Ingatkan Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Seimbang

Pakar Ingatkan Pentingnya Mengonsumsi Makanan Sehat Seimbang

Health | Rabu, 02 Juni 2021 | 16:34 WIB

Terkini

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Menolak Bungkam! Rakyat Kecil di Kota Bogor Tuntut Keadilan Hak Tanah yang Diduga Diserobot

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:39 WIB

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Tukang Cukur dan Camat Sudah Minta Maaf, Netizen Masih Buru Pelaku Perekam Video Viral

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:31 WIB

Tanggapi Insiden Tukang Cukur di Rancabungur, Bupati Bogor: Mari Bersama Maknai Kemerdekaan

Tanggapi Insiden Tukang Cukur di Rancabungur, Bupati Bogor: Mari Bersama Maknai Kemerdekaan

Bogor | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:14 WIB

Cara Seru Jakarta Ajak Ratusan Pelajar Kenali Pariwisata Berkelanjutan

Cara Seru Jakarta Ajak Ratusan Pelajar Kenali Pariwisata Berkelanjutan

Lifestyle | Kamis, 13 Agustus 2026 | 23:11 WIB

Nekat Panjat Atap Hingga Bakar Dua Motor, Evakuasi Pria ODGJ di Cibadak Sukabumi Menegangkan

Nekat Panjat Atap Hingga Bakar Dua Motor, Evakuasi Pria ODGJ di Cibadak Sukabumi Menegangkan

Jabar | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:52 WIB

BRI Perluas Akses Pembiayaan KUR Petani di Bengkayang Guna Swasembada Pangan

BRI Perluas Akses Pembiayaan KUR Petani di Bengkayang Guna Swasembada Pangan

Bri | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:43 WIB

Retribusi Melempem, Benyamin Davnie Bentuk Perseroda 'Citra Anggrek Mandiri' Kelola Pasar Tangsel

Retribusi Melempem, Benyamin Davnie Bentuk Perseroda 'Citra Anggrek Mandiri' Kelola Pasar Tangsel

Banten | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:35 WIB

Geledah Jateng-Jatim, KPK Cari Bukti untuk Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Suap Pajak

Geledah Jateng-Jatim, KPK Cari Bukti untuk Tetapkan Tersangka Baru dalam Kasus Suap Pajak

News | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:29 WIB

Bupati Brebes Temui Siswa Sespimmen Polri, Bahas Persoalan Pupuk Subsidi

Bupati Brebes Temui Siswa Sespimmen Polri, Bahas Persoalan Pupuk Subsidi

Jawa Tengah | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:28 WIB

Kembalikan Hak Pejalan Kaki, Pemkot Bandung Tertibkan Bangunan Liar di Jalan Rajawali

Kembalikan Hak Pejalan Kaki, Pemkot Bandung Tertibkan Bangunan Liar di Jalan Rajawali

Jabar | Kamis, 13 Agustus 2026 | 22:26 WIB

×