alexametrics

BTS Meal McD Bikin Kerumunan di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Tanggapan IDI

Risna Halidi | Lilis Varwati
BTS Meal McD Bikin Kerumunan di Tengah Pandemi Covid-19, Ini Tanggapan IDI
Tim Pengurai Kerumunan (Raika) Panakkukang membubarkan kerumunan di gerai McD Pettarani Panakkukang Makassar, Rabu 9 Juni 2021 / [SuaraSulsel.id / Master Panakkukang]

"Saya rasa yang mau dipromosikan itu makanannya, bukan promosi kerumunannya. Untuk itu butuh protokol."

Suara.com - Paket BTS Meal McDonald's yang dirilis di Indonesia Rabu (9/6) kemarin sukses besar. Itu bisa dilihat dari antrian panjang pembelian paket yang dibuat khusus berkat kolaborasi restoran cepat saji asal AS itu dengan grup vocal Korea Selatan, BTS.

Di banyak titik, kerumunan sampai membludak hingga membuat aparat turun tangan. Masalahnya, ini semua terjadi di tengah pandemi Covid-19 yang masih berlangsung.

Angka infeksi harian di Indonesia juga masih tinggi meski program vaksinasi sudah dimulai sejak awal tahun 2021 ini.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Mitigasi Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djurban ikut angka suara. 

Baca Juga: Gegara Kerumunan BTS Meal, Polisi Akan Panggil Pengelola McDonald's

Satgas Covid-19 Surabaya membubarkan kerumunan promo BTS Meal McDonalds di Plaza Marina, Rabu (9/6/2021). [Suara.com/Dimas Angga P)\]
Satgas Covid-19 Surabaya membubarkan kerumunan promo BTS Meal McDonalds di Plaza Marina, Rabu (9/6/2021). [Suara.com/Dimas Angga P)\]

Ia menyampaikan bahwa peristiwa kerumunan McDonald's yang terjadi di berbagai kota harus jadi pelajaran bagi masyarakat agar tidak terulang.

"Pelajaran singkat: kebangkitan Covid-19 punya sejumlah faktor potensial yang berkontribusi. Misalnya kerumunan acara pernikahan, yang bahkan mengundang kematian. Makanya saya “terkesima” melihat kerumunan di McD dan prihatin dengan antrean para ojol yang cuma menjalani tugas," kata Profesor Zubairi dikutip dari unggahan di Twitter, Kamis (10/6/2021).

Ia menyarankan, pihak McDonald's harus memakai formula yang tepat untuk promosi BTS Meal tersebut. Tujuannya, agar tidak menimbulkan kerumunan di gerai mana pun.

"Saya rasa yang mau dipromosikan itu makanannya, bukan promosi kerumunannya. Untuk itu butuh protokol," pungkasnya.

Sementara itu, pihak McDonald's menyadari akan terjadinya kerumunan di banyak gerai milik mereka. Beberapa gerai diketahui ditutup paksa oleh Satgas Penanganan Covid-19, karena dianggap berisiko menularkan virus corona.

Baca Juga: Buntut Kerumunan Antrean Menu BTS Meal, MCD Serang Ditutup

Untuk itu manajemen McDonald's kembali menegaskan bahwa BTS Meal tidak hanya tersedia satu hari saja.

Komentar