alexametrics

Virus Corona Varian Delta Diduga Picu Diabetes Tipe Baru, Ini Kata Ahli!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Virus Corona Varian Delta Diduga Picu Diabetes Tipe Baru, Ini Kata Ahli!
Ilustrasi diabetes. (Shutterstock)

Seorang ahli meyakini virus corona memang menyebabkan diabetes, tak hanya virus corona varian Delta saja.

Suara.com - Varian baru virus corona yang masuk dalam golongan Delta diketahui bisa menyebabkan kerusakan pada sel beta di pankreas, yang memproduksi insulin dan mengatur kadar glukosa darah.

Dr Kothalker yang berbasis di Seven Star Hospital, India, mengatakan bahwa hal itu membutuhkan penyelidikan lebih lanjut. Tetapi, ia sudah melihat sekitar 40 persen lebih banyak pasien yang mengembangkan diabetes setelah menderita virus corona Covid-19.

Penelitian yang diterbitkan dalam British Medical Journal and Nature menunjukkan infeksi virus corona Covid-19 bisa dikaitkan dengan timbulnya diabetes. Menurut The Telegraph, 14 persen pasien virus corona yang dirawat di rumah sakit mengalami diabetes pasca infeksi.

Dr Faye Riley, pejabat komunikasi Penelitian senior di Diabetes UK, mengomentari hubungan antara kondisi kesehatan dan virus corona. Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa virus corona mungkin memicu diabetes pada beberapa orang.

Baca Juga: Singapura Laporkan Kenaikan Penularan Lokal, Varian COVID-19 Delta Terbanyak

"Tetapi hal ini masih banyak yang harus dipelajari, terutama tentang virus corona secara langsung menyebabkan diabetes atau tidak," kata Dr Faye dikutip dari Express.

Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)
Ilustrasi Virus Corona (Unsplash/CDC)

Bahkan Dr Faye juga menemukan tak hanya virus corona varian Delta yang berisiko memicu diabetes. Dr Faye merujuk laporan awal di mana 5 persen pasien virus corona terus mengembangkan diabetes 7 bulan setelah keluar dari rumah sakit.

"Orang-orang yang pernah dirawat di rumah sakit karena virus corona 1,5 kali lebih mungkin didiagnosis menderita diabetes setelah dipulangkan," katanya.

Temuan ini juga telah membandingkan orang-orang dengan usia dan latar belakang sama yang belum pernah dirawat di rumah sakit karena virus corona Covid-19.

Menurut Dr Faye, virus corona Covid-19 bisa menyebabkan diabetes karena peradangan yang terjadi. Peradangan akibat virus corona itu bisa menyebabkan resistensi insulin, sehingga tubuh tidak bisa menggunakan insulin yang diproduksi dengan tepat.

Baca Juga: CDC Maine Laporkan 8 Orang Kena Virus Corona Usai Suntik Vaksin Covid-19

"Penjelasan potensial lainnya dapat melibatkan ACE-2 - protein pada permukaan sel yang digunakan virus corona untuk masuk dan menginfeksi mereka," jelasnya.

Komentar