alexametrics

Bikin Perut Awet Buncit, Hindari Lima Asupan Berikut

Cesar Uji Tawakal | Fita Nofiana
Bikin Perut Awet Buncit, Hindari Lima Asupan Berikut
Ilustrasi perut buncit. (Shutterstock)

Beberapa asupan bisa bikin perut buncit bertahan lebih lama, apa saja?

Suara.com - Perut buncit bukan cuma mengganggu penampilan namun juga berisiko untuk kesehatan. Lemak perut yang menimbun bisa berefek pada kesehatan organ, termasuk hati hingga jantung. 

Oleh karena itu untuk menghindari menumpuknya lemak perut, Anda harus menjaga pola makan. Melansir dari Eat This, berikut asupan yang bikin lemak perut Anda bertahan lebih lama, antara lain:

1. Roti Tawar

Penelitian telah menunjukkan bahwa makan biji-bijian sebenarnya dapat menurunkan timbunan lemak visceral di perut Anda, tetapi makan biji-bijian olahan seperti roti tawar bisa menyebabkan lemak lebih banyak.

Baca Juga: Eksperimen Tak Biasa, Peneliti Ini Cari Tahu Berapa Lama Perut Mencerna Makanan

2. Soda Diet

Banyak penelitian telah menemukan hubungan antara konsumsi soda diet dan lingkar pinggang yang lebih lebar. 

Studi dari Journal of American Geriatrics Society menemukan bahwa peminum soda diet memiliki persentase lemak perut yang lebih tinggi daripada mereka yang tidak menyesap minuman tersebut sama sekali.

3. Steak Rib-Eye

Studi menunjukkan bahwa makan potongan steak yang tepat benar-benar dapat membantu mengecilkan perut Anda. Tapi rib-eye adalah salah satu bagian yang paling berlemak.

Baca Juga: Ketahui 5 Manfaat Konsumsi Kepiting Bagi Kesehatan

Peneliti dari satu studi menemukan bahwa mengonsumsi makanan yang kaya lemak dari daging merah segar terkait dengan obesitas perut dan lingkar pinggang yang lebih besar.

4. Cokelat

Cokelat hitam memang memiliki manfaat kesehatan. Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Heart, makan hingga 3,5 ons cokelat sehari dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Tapi cokelat yang diolah dengan susu atau gula biasanya mengandung banyak kalori. 

Sebuah studi American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa makanan yang paling banyak dikaitkan dengan kenaikan berat badan adalah cokelat batangan.

5. Keripik Kentang

Keripik kentang mengandung lemak jenuh yang menyebabkan penambahan lemak perut. Bukan hanya mengandung tinggi garam, keripik kentang bisa bikin kembung tingkat menengah.

Komentar