Heboh Cristiano Ronaldo Geser Coca Cola, Berapa Banyak Sih Kandungan Gula Satu Kaleng?

Bimo Aria Fundrika

Rabu, 16 Juni 2021 | 18:20 WIB
Heboh Cristiano Ronaldo Geser Coca Cola, Berapa Banyak Sih Kandungan Gula Satu Kaleng?
Aksi Cristiano Ronaldo menyingkirkan botol Coca-cola untuk digantikan air mineral dalam konferensi pers Euro 2020. [Tangkapan layar Yahoo]

Suara.com - Aksi Cristiano Ronaldo yang menggeser dua botol Coca Cola beberapa saat menjelas konferensi pers sebelum pertandingan menjadi sorotan. Dalam kesempatan itu, Kapten Timnas Portugal itu terlihat menyingkirkan dua botol Coca Cola yang ada di hadapannya.

Ia justru menyarankan untuk lebih memilih minum air putih. Dalam sebuah kesempatan tahun lalu, bahkan Cristiano Ronaldo sempat curhat ia marah kepada anaknya yang mengonsumsi Coca Cola dan Fanta.

Seperti diketahui, soft drink seperti Coca Cola memang dilaporkan memiliki kandungan gula tambahan. Dikutip dari situs resmi Coca Cola, satu kaleng Coca Cola ukuran 350 ml terdapat 9,75 sendok teh gula. Jumlah itu setara dengan 39 gram gula.

Artinya takaran tersebut melebihi ukuran yang direkomendasikan oleh American Heart Association untuk orang dewasa dalam satu hari penuh!

Ilustrasi: Soft drink. (Shutterstock)
Ilustrasi: Soft drink. (Shutterstock)

Dikutip dari Live Strong, dalam sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Circulation pada 2019, para peneliti mengaitkan konsumsi minuman manis seperti Coca Cola dengan peningkatan kematian, dari sejumlah penyebab.

Minum minuman manis dikaitkan dengan penambahan berat badan, peningkatan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan beberapa kanker terkait diet, seperti kanker payudara dan kanker usus besar.

Para peneliti di atas berhipotesis bahwa penyebab yang mendasarinya mungkin adalah kenaikan berat badan yang terkait dengan asupan kalori ekstra. Namun, ketika mereka menggali lebih dalam, mereka menemukan bahwa risiko mengembangkan masalah kronis ini meningkat pada mereka yang minum minuman manis meskipun berat badan mereka tetap sama.

Meskipun peningkatan kematian terlihat pada pria dan perempuan, para peneliti menunjukkan bahwa efeknya terlihat lebih kuat pada perempuan daripada pria dalam hal penyakit jantung. Dengan kata lain: peneliti menyimpulkan bahwa perempuan yang minum minuman manis lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung daripada pria yang minum minuman manis, dan perempuan yang tidak.

Seperti diketahui, The American Heart Association saat ini merekomendasikan agar perempuan mengonsumsi tidak lebih dari 6 sendok teh gula tambahan setiap hari, sementara pria harus membatasi asupan mereka hingga kurang dari 9 sendok teh per hari. Perlu diingat, angka ini adalah batas atas. Itu berarti ini adalah jumlah tertinggi mutlak yang harus Anda konsumsi, tetapi semakin rendah semakin baik.

baca juga

Untuk memasukkannya ke dalam perspektif kalori, satu sendok teh gula mengandung sekitar 16 kalori, yang berarti Anda akan mendapatkan 96 kalori ekstra dari 6 sendok teh gula dan 144 kalori kosong dari mengonsumsi 9 sendok teh makanan manis.

Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Lebih Sarankan Air Putih, Kenapa Sih Christiano Ronaldo Tak Suka Coca Cola?

Lebih Sarankan Air Putih, Kenapa Sih Christiano Ronaldo Tak Suka Coca Cola?

Health | Rabu, 16 Juni 2021 | 13:54 WIB

Disingkirkan Ronaldo, Berikut Bahan Lengkap Coca-Cola

Disingkirkan Ronaldo, Berikut Bahan Lengkap Coca-Cola

Bogor | Rabu, 16 Juni 2021 | 13:31 WIB

Ronaldo Singkirkan Botol Coca-cola saat Jumpa Pers Euro 2020

Ronaldo Singkirkan Botol Coca-cola saat Jumpa Pers Euro 2020

Foto | Rabu, 16 Juni 2021 | 13:07 WIB

Terkini

Meriahkan HUT ke-81 RI, BRI Hadirkan Banyak Promo Istimewa

Meriahkan HUT ke-81 RI, BRI Hadirkan Banyak Promo Istimewa

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:47 WIB

ROG AI Masterclass 2026: ASUS ROG Buka Edukasi AI di Yogyakarta, Kota Pertama Rangkaian Nasional

ROG AI Masterclass 2026: ASUS ROG Buka Edukasi AI di Yogyakarta, Kota Pertama Rangkaian Nasional

Jogja | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:45 WIB

Sempat Rendahkan Timnas Indonesia, Sergio Aguero Ngamuk Usai Media Vietnam Sebut Malaysia Tim C

Sempat Rendahkan Timnas Indonesia, Sergio Aguero Ngamuk Usai Media Vietnam Sebut Malaysia Tim C

Bola | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:43 WIB

Pertamina Patra Niaga Turunkan Harga Bright Gas per 15 Agustus 2026

Pertamina Patra Niaga Turunkan Harga Bright Gas per 15 Agustus 2026

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:37 WIB

Bobby Nasution Jenguk Murid Korban Keracunan MBG Karo di RS Haji, Pastikan Penanganan hingga Pulih

Bobby Nasution Jenguk Murid Korban Keracunan MBG Karo di RS Haji, Pastikan Penanganan hingga Pulih

News | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:36 WIB

Menkeu Purbaya Atur Layer Cukai Baru Guna Berantas Rokok Ilegal

Menkeu Purbaya Atur Layer Cukai Baru Guna Berantas Rokok Ilegal

Bisnis | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:26 WIB

5 Rekomendasi Cushion Ringan untuk Harian dan Sekolah sesuai Review

5 Rekomendasi Cushion Ringan untuk Harian dan Sekolah sesuai Review

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:20 WIB

Bangladesh Ngebet Gantikan India Lawan Timnas Indonesia di FIFA ASEAN Cup 2026

Bangladesh Ngebet Gantikan India Lawan Timnas Indonesia di FIFA ASEAN Cup 2026

Bola | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:15 WIB

Kesaksian Warga Nagekeo Saat Gempa M 7 Guncang NTT: Kami Lari Bawa Lansia dan Tinggalkan Rumah

Kesaksian Warga Nagekeo Saat Gempa M 7 Guncang NTT: Kami Lari Bawa Lansia dan Tinggalkan Rumah

Your Say | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:07 WIB

5 Rice Cooker Murah untuk Keluarga Kecil, Hemat Listrik dan Awet

5 Rice Cooker Murah untuk Keluarga Kecil, Hemat Listrik dan Awet

Lifestyle | Sabtu, 15 Agustus 2026 | 12:05 WIB

×