alexametrics

Heboh Cristiano Ronaldo Geser Coca Cola, Berapa Banyak Sih Kandungan Gula Satu Kaleng?

Bimo Aria Fundrika
Heboh Cristiano Ronaldo Geser Coca Cola, Berapa Banyak Sih Kandungan Gula Satu Kaleng?
Aksi Cristiano Ronaldo menyingkirkan botol Coca-cola untuk digantikan air mineral dalam konferensi pers Euro 2020. [Tangkapan layar Yahoo]

Seperti diketahui, soft drink seperti Coca Cola memang dilaporkan memiliki kandungan gula tambahan.

Suara.com - Aksi Cristiano Ronaldo yang menggeser dua botol Coca Cola beberapa saat menjelas konferensi pers sebelum pertandingan menjadi sorotan. Dalam kesempatan itu, Kapten Timnas Portugal itu terlihat menyingkirkan dua botol Coca Cola yang ada di hadapannya.

Ia justru menyarankan untuk lebih memilih minum air putih. Dalam sebuah kesempatan tahun lalu, bahkan Cristiano Ronaldo sempat curhat ia marah kepada anaknya yang mengonsumsi Coca Cola dan Fanta.

Seperti diketahui, soft drink seperti Coca Cola memang dilaporkan memiliki kandungan gula tambahan. Dikutip dari situs resmi Coca Cola, satu kaleng Coca Cola ukuran 350 ml terdapat 9,75 sendok teh gula. Jumlah itu setara dengan 39 gram gula.

Artinya takaran tersebut melebihi ukuran yang direkomendasikan oleh American Heart Association untuk orang dewasa dalam satu hari penuh!

Baca Juga: APTRI : Permenperin Nomor 3 Tingkatkan Kontrol dan Pengawasan Gula

Ilustrasi: Soft drink. (Shutterstock)
Ilustrasi: Soft drink. (Shutterstock)

Dikutip dari Live Strong, dalam sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Circulation pada 2019, para peneliti mengaitkan konsumsi minuman manis seperti Coca Cola dengan peningkatan kematian, dari sejumlah penyebab.

Minum minuman manis dikaitkan dengan penambahan berat badan, peningkatan risiko diabetes, tekanan darah tinggi, penyakit jantung, stroke dan beberapa kanker terkait diet, seperti kanker payudara dan kanker usus besar.

Para peneliti di atas berhipotesis bahwa penyebab yang mendasarinya mungkin adalah kenaikan berat badan yang terkait dengan asupan kalori ekstra. Namun, ketika mereka menggali lebih dalam, mereka menemukan bahwa risiko mengembangkan masalah kronis ini meningkat pada mereka yang minum minuman manis meskipun berat badan mereka tetap sama.

Meskipun peningkatan kematian terlihat pada pria dan perempuan, para peneliti menunjukkan bahwa efeknya terlihat lebih kuat pada perempuan daripada pria dalam hal penyakit jantung. Dengan kata lain: peneliti menyimpulkan bahwa perempuan yang minum minuman manis lebih mungkin meninggal karena penyakit jantung daripada pria yang minum minuman manis, dan perempuan yang tidak.

Seperti diketahui, The American Heart Association saat ini merekomendasikan agar perempuan mengonsumsi tidak lebih dari 6 sendok teh gula tambahan setiap hari, sementara pria harus membatasi asupan mereka hingga kurang dari 9 sendok teh per hari. Perlu diingat, angka ini adalah batas atas. Itu berarti ini adalah jumlah tertinggi mutlak yang harus Anda konsumsi, tetapi semakin rendah semakin baik.

Baca Juga: Tangan Ajaib Ronaldo! Detik-detik Foto Botol Coca-Cola Digeser, Lalu Saham Anjlok

Untuk memasukkannya ke dalam perspektif kalori, satu sendok teh gula mengandung sekitar 16 kalori, yang berarti Anda akan mendapatkan 96 kalori ekstra dari 6 sendok teh gula dan 144 kalori kosong dari mengonsumsi 9 sendok teh makanan manis.

Komentar