alexametrics

Jangan Diabaikan, Ini 6 Penyebab Umum Libido Seks Menurun!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Jangan Diabaikan, Ini 6 Penyebab Umum Libido Seks Menurun!
Ilustrasi berhubungan seks, libido (Unsplash/We-Vibe WOW Tech)

Ada beberapa faktor yang bisa menyebabkan libido seks seseorang menurun, baik wanita maupun pria.

Suara.com - Dorongan seksual yang tinggi atau rendah itu tergantung pada tingkat libido seseorang. Tapi, tingkat libido seseorang bisa bervariasi dari waktu ke waktu.

Karena itu, kehilangan minat pada sek dan aktivitas seksual sesekali tergolong normal. Tapi, libido yang rendah dalam jangka waktu lama bisa menjadi masalah serius.

Berikut ini dilansir dari Times of India, penyebab umum seseorang memiliki tingkat libido yang rendah.

1. Penyakit kronis

Baca Juga: Direktur AIIMS: Perilaku Manusia Berdampak Besar pada Sebaran Virus Corona

Penyakit kronis yang berkepanjangan bisa memengaruhi kesehatan seksual Anda. Hal ini bisa disebabkan oleh rasa sakit yang terus-menerus atau kelelahan akibat penyakit tersebut. Pada akhirnya, efek ini bisa berdampak pada kesehatan fisik dan mengganggu kondisi psikologis seseorang.

Ilustrasi sakit. (Pexels/ Andrea Piacquadio)
Ilustrasi sakit. (Pexels/ Andrea Piacquadio)

2. Stres

Tingkat libido seseorang juga berkaitan dengan tingkat stres dan kecemasan Anda. Stres emosional dan mental bisa berdampak negatif dan menurunkan hasrat seksual Anda.

3. Alkohol

Minum alkohol atau penyalahgunaan obat bisa menurunkan produksi testosteron pada pria. Konon, konsumsi minuman beralkohol juga bisa mengurangi dorongan seks dan menurunkan tingkat libido.

Baca Juga: 5 Pasien Positif Virus Corona di Batam Meninggal Dunia Dalam Sehari

4. Kurang tidur

Tubuh yang cukup istirahat memfasilitasi kinerja seksual Anda. Oleh karena itu, kurang tidur dapat menyebabkan penurunan tingkat libido.

5. Obat-obatan

Obat-obatan dapat memengaruhi tingkat testosteron pada pria. Obat resep seperti antidepresan, statin, beta-blocker dan lain-lain dapat mempengaruhi gairah seks pria.

6. Menopause

Dampak menopause pada tubuh wanita dapat memicu kekeringan pada vagina dan rasa sakit saat berhubungan seksual. Hal ini bisa minat untuk berhubungan seksual berkurang.

Jika, saat ini Anda sedang mengalami dorongan seks rendah, jangan ragu untuk mencari bantuan atau berkonsultasi dengan dokter.

Selain itu, Anda selalu dapat memilih gaya hidup yang lebih sehat dan mempraktikkan manajemen stres, sehingga dapat meningkatkan kesehatan seksual Anda.