alexametrics

Anang Hermansyah Sakit Batu GInjal, Kenali Penyebab dan Gejalanya!

Yasinta Rahmawati | Shevinna Putti Anggraeni
Anang Hermansyah Sakit Batu GInjal, Kenali Penyebab dan Gejalanya!
Anang Hermansyah [Suara.com/Indonesian Idol]

Anang Hermansyah baru-baru ini menjalani operasi batu ginjal, setelah sempat kencing darah.

Suara.com - Baru-baru ini, Anang Hermansyah menjalani operasi batu ginjal. Ashanty bercerita kalau Anang didiagnosis menderita batu ginjal belum lama ini.

"Dia kayak suka nyeri, ternyata nyeri karena saluran kencingnya tersumbat," kata Ashanty dikutip dari kanal KH Infotainment, Rabu (23/6/2021).

Ashanty juga berkata seharusnya Anang menjalani operasi pengangkatan batu ginjal pada Maret 2021 lalu. Anang harus melepas selang yang pernah dipasang saat operasi setelah pulang dari Dubai belum lama ini.

Tapi, mereka menundanya karena berbagai alasan sampai akhirnya Anang mengalami kencing darah. Anang pun langsung dilarikan ke rumah sakit dan menjalani tindakan operasi pengambilan batu ginjal.

Baca Juga: Studi Oxford: Vaksin AstraZeneca dan Pfizer Efektif Lawan Varian Delta Virus Corona

"Kalau angkat selang doang 15 menit, eh ternyata ada batu lagi yang menyumbat saluran kencing, jadi ada pembengkakan makanya keluar darah. Jadi 3 jam lah dikerjain," ujar Ashanty

Potret Anang Hermansyah dirawat di rumah sakit. (YouTube/The Hermansyah A6)
Potret Anang Hermansyah dirawat di rumah sakit. (YouTube/The Hermansyah A6)

Batu ginjal adalah endapan keras dari mineral dan garam yang terbentuk di dalam ginjal. Umumnya dilansir dari Hellosehat, batu ginjal menyerang orang usia di atas 40 tahun dan kebanyakan pria.

Tapi, bukan berati wanita dan orang di bawah usia 40 tahun terbebas dari batu ginjal. Orang dalam kelompok ini masih bisa menderita batu ginjal karena berbagai faktor, termasuk keturunan.

Penyebab Batu Ginjal

Batu ginjal bisa terbentuk ketika urine mengandung terlalu banyak bahan kimia, seperti kalsium, asam urat, sistin atau strutive yang mempercepat pembentukan batu. Adapun beberapa jenis batu ginjal beserta penyebabnya,

Baca Juga: Sudah Terima Banyak Masukan, Jokowi Pilih Cara Ini Lawan Virus Corona

1. Faktor genetik