alexametrics

Ini yang Harus Dilakukan Ketika Anda Terkonfirmasi Positif Covid-19

Vania Rossa | Aflaha Rizal Bahtiar
Ini yang Harus Dilakukan Ketika Anda Terkonfirmasi Positif Covid-19
Ilustrasi Covid-19. (Elements Envato)

Jangan memutuskan isolasi mandiri sendiri, melainkan harus dengan saran dokter!

Suara.com - Banyak orang bingung ketika hasil tes PCR atau Swab Antigen menunjukkan hasil positif Covid-19. Kebanyakan memilih untuk melakukan isolasi mandiri di rumah.

Padahal, menurut Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik dr. Ratna Kusumawati, yang harus dilakukan seseorang saat terkonfirmasi positif Covid-19 adalah menghubungi dokter sebelum melakukan isolasi mandiri.

“Jangan memutuskan sendiri, jadi harus konsultasi dengan dokter atau telemedicine,” ungkapnya pada acara Upaya Kendalikan Penyebaran Covid-19 Indonesia, Selasa (13/7/2021).

Selain itu, saat akhirnya orang yang positif Covid-19 harus melakukan isolasi mandiri atas saran dokterm harus pastikan kamar mandi atau kamar tidur terpisah dari keluarga.

Baca Juga: Ustaz Abdul Somad Bantah Tudingan Positif Covid-19, Sebut Jin Hantu dan Setan Berkomentar

“Isolasikan diri Anda dan terpisah kamarnya. Juga hindari kontak dengan keluarga lain,” ungkap dr. Ratna.

Selain itu, monitor gejala dan suhu tubuh juga penting. Itu sebabnya, penting untuk memiliki alat untuk memantau suhu tubuh di rumah.

“Ini penting sekali buat di rumah, walaupun kita positif tanpa gejala, ini harus punya buat pemantauan,” ungkapnya.

Dr. Ratna juga mengingatkan bahwa kita harus menghubungi keluarga, rekan kerja, atau siapapun yang kita temui sebelum terkonfirmasi positif Covid-19. Tujuannya, agar orang-orang yang melakukan kontak erat dengan kita melakukan tes PCR untuk mengonfirmasi apakah mereka tertular atau tidak.

Baca Juga: Naik 1000 Kasus, Kasus Covid-19 di DIY Hari Ini Pecah Rekor 2731 Kasus

Komentar