alexametrics

Catat! Cara Membuat Ramuan Herbal Penghancur Batu Ginjal Ringan dari Dokter Zaidul Akbar

M. Reza Sulaiman | Dini Afrianti Efendi
Catat! Cara Membuat Ramuan Herbal Penghancur Batu Ginjal Ringan dari Dokter Zaidul Akbar
dr Zaidul Akbar. (Dok: YouTube/dr. Zaidul Akbar Official)

Dokter Zaidul Akbar membagikan cara membuat ramuan herbal penghancur batu ginjal ringan. Apa saja bahan yang diperlukan?

Suara.com - Penderita batu ginjal (nefrolitiasis) ringan, ada ramuan herbal yang menurut Dokter Zaidul Akbar dapat membantu mengatasi penyakitnya itu.

Namun untuk pasien batu ginjal yang ukuran batunya membesar sehingga menyumbat saluran kemih Dokter Zaidul Akbar  menyarankan untuk operasi pengangkatan atau penghancuran batu ginjal. 

Kondisi ginjal yang sudah parah, sambung Dokter Zaidul Akbar, tidak hanya membuat penderitanya tidak bisa buang air kecil, tapi hingga menimbulkan kolik atau nyeri yang tidak tertahankan.

"Kalau sudah kolik, yang saya pahami justru malah bisa menyebabkan rusaknya ginjal. Jadi memang lebih baik dioperasi," terangnya mengutip kanal YouTube dr. Zaidul Akbar Official, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Dokter Zaidul Akbar Bagikan 5 Kiat Menjaga Kesehatan Anak dengan Autisme

Namun apabila kondisinya masih ringan, yang ditandai masih bisa melakukan buang air kecil meski jumlahnya sedikit, dr. Zaidul mengatakan masih bisa mendapat bantuan herbal, seperti racikan akar alang-alang yakni sejenis rerumputan berbentuk panjang, hijau dan lebat.

Ilustrasi batu ginjal. [Shutterstock]
Ilustrasi batu ginjal. [Shutterstock]

Akar alang-alang tumbuh subur di daerah hangat termasuk di Indonesia. Dalam akar alang-alang terkandung antioksidan dan anti peradangan, serta berfungsi sebagai diuretik yang membuat tubuh lebih mudah mengeluarkan urin dari tubuh.

"Atau bisa juga menggunakan pegagan atau orang Sunda bilang antanan itu juga bisa dipakai atau juga bisa menggunakan daun keji beling. Itu salah satu yang bisa memecah batu ginjal," jelas dr. Zaidul.

Pegagan dalam istilah latin disebut dengan centella asiatica banyak tumbuh liar di negara Asia termasuk Indonesia. Dalam pegagan disebut terkandung zat antibakteri dan antiradang yang baik untuk meredakan iritasi, serta pertumbuhan bakteri.

Sedangkan daun keji beling adalah sejenis tanaman herbal yang dipercaya bisa meluruhkan batu ginjal dan batu di kandung kemih, meskipun memerlukan penelitian lebih jauh untuk memastikan hal ini.

Baca Juga: 6 Makanan Sehat untuk Dikonsumsi Sehari-hari Menurut dr. Zaidul Akbar

Keji beling barasal dari Madagaskar lalu sudah merambah Indonesia untuk budidayanya.