alexametrics

5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Minum Alkohol, Bisa Bikin Perut Kembung

Risna Halidi | Dian Kusumo Hapsari
5 Makanan yang Harus Dihindari Saat Minum Alkohol, Bisa Bikin Perut Kembung
Ilustrasi minum alkohol (Shutterstock)

Beberapa kombinasi makanan dan alkohol ini bisa salah dan membuat efek samping makin parah.

Suara.com - Minum alkohol sambil ngemil dianggap sebagai cara untuk menghindari seseorang dari mabuk dan teler akibat efek samping konsumsi minuman beralkohol tersebut.

Padahal, beberapa kombinasi makanan dan alkohol ini bisa salah dan membuat efek samping makin parah.

Beberapa padupadan makanan dan alkohol ini bahkan bisa menyebabkan refluks asam lambung yang buruk, hingga menyebabkan kembung, rasa sakit yang membakar di dada atau sensasi ingin muntah.

Meskipun tampaknya beberapa makanan ringan adalah kombinasi yang bagus untuk diminum dengan alkohol, berikut adalah beberapa makanan yang harus dihindari saat minum alkohol, seperti yang Suara.com lansir dari Healthline.

Baca Juga: 5 Fakta Vaksin Pfizer yang Diklaim Paling Efektif Melawan Covid-19 Varian Delta

Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi. (Sumber: Shutterstock)

Cokelat
Cokelat memang terlihat seperti kombinasi ciamik dengan minuman alkohol, tetapi sebenarnya tidak. Cokelat dapat membuat masalah lambung dan memperburuk keasaman di perut saat minum alkohol.

Kacang dan anggur merah
Sambil menyeruput segelas anggur merah, makan kacang bisa jadi pilihan. Padahal kacang mengandung zat besi dalam jumlah tinggi yang tidak diserap oleh tubuh saat Anda minum.

Makanan yang digoreng dan asin berlebihan
Makanan asin dan gorengan sangat dilarang saat diminum alkohol. Pikirkan dua kali sebelum mengunyah kentang goreng yang mengandung banyak garam. Jenis makanan ini dapat membuat dehidrasi secara instan dan menguras energi.

Roti
Roti dan bir adalah kombinasi berbahaya lainnya dari makanan dan alkohol yang harus dihindari. Roti dapat membuat perut kembung dan tubuh mengalami dehidrasi. Anda mungkin akan muntah jika minum bir dalam jumlah berlebihan dan memasangkannya dengan roti.

Kafein
Kopi dan minuman alkohol adalah kombinasi terburuk. Kafein dapat membuat tubuh dehidrasi. Kombinasi ini mungkin baik untuk beberapa orang karena dapat membuat tubuh tetap waspada, tetapi baiknya hindari.

Baca Juga: Viral Pria Mabuk Rusak Motor dan Mobil di Karimun, Auto Kicep Usai Ditangkap Polisi

Komentar