alexametrics

Tak Banyak yang Tahu, 3 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Anda!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Tak Banyak yang Tahu, 3 Posisi Tidur Ini Bisa Pengaruhi Kesehatan Anda!
Ilustrasi tidur (pexels.com/Francesca Zama).

Beberapa posisi tidur bisa mempengaruhi kesehatan Anda.

Suara.com - Tidur yang cukup adalah kunci utama untuk menjaga kesehatan tubuh. Karena, kurang tidur telah dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, dari penyakit jantung, tekanan darah tinggi, sistem kekebalan lemah, dan libido rendah.

Ada berbagai faktor yang bisa mempengaruhi kualitas tidur Anda, termasuk gaya hidup dan pola makan. Tapi, banyak orang yang tidak tahu kalau posisi tidur juga bisa mempengaruhi kualitas tidurnya.

Berikut ini dilansir dari Times of India, tiga posisi tidur yang paling mempengaruhi kesehatan.

1. Tidur tengkurap

Baca Juga: Sembuh dari Virus Corona, Pasien Covid-19 Wajib Konsumsi 5 Makanan Ini!

Tidur tengkurap salah satu posisi tidur paling umum yang tidak nyaman dan bisa mempengaruhi pola tidur seseorang. Seseorang bisa tidur dengan posisi ini bila memiliki masalah mendekur dan menderita sleep apnea.

Tapi, posisi tidur tengkurap juga bisa menyebabkan sakit leher dan punggu. Padahal, masalah ssakit punggung bisa diatasi dengan meletakkan bantal di bawah perut bagian bawah.

Ilustrasi tidur tengkurap (Unsplash/Gregory Pappas)
Ilustrasi tidur tengkurap (Unsplash/Gregory Pappas)

2. Tidur telentang

Posisi tidur telentang bisa meningkatkan Kesejajaran tubuh, menjaga kesehatan tulang otot, persendian dan otot. Orang yang menderita sleep apnea, sakit punggung, dan masalah mendengkur bisa tidur dengan posisi ini. Bahkan, posisi tidur telentang juga bisa meredakan nyeri lutut dan pinggul.

3. Tidur meringkuk

Baca Juga: Tidak Hanya Batam, Kini Virus Corona Varian Delta Sudah menyebar di Kepri

Posisi tidur meringkuk seperti janin bisa membantu mengatasi nyeri punggung bawah. Posisi tidur ini cukup membantu bagi ibu hamil dan orang yang memiliki masalah mendengkur. Tapi, posisi tidur ini juga tidak nyaman karena bisa menyebabkan tubuh pegal dan sesak napas.

Komentar