alexametrics

Belajar dari Anak Doyok, Ini Perbedaan Gejala Virus Corona dan Pencernaan!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Belajar dari Anak Doyok, Ini Perbedaan Gejala Virus Corona dan Pencernaan!
komedian Doyok. [Instagram/doyok178]

Kasus meninggalnya anak Doyok harus menjadi pembelajaran semua orang untuk membedakan gejala virus corona dan masalah pencernaan.

Suara.com - Rolly, anak Doyok meninggal dunia karena virus corona Covid-19 yang tak terdeteksi pada Sabtu (31/7/2021) kemarin malam. Doyok mengatakan tak tahu anaknya positif Covid-19, karena mengira hanya sakit asam lambung biasa.

Selama hampir sebulan sakit, Doyok mengatakan anaknya tidak mengalami demam. Rolly hanya mengalami mual, muntah dan tidak nafsu makan. Sampai akhirnya, hasil tes menunjukkan dirinya positif Covid-19.

"Nggak ada (gejala lain) asam lambung aja, makan muntah makan muntah, gitu-gitu aja," ungkap Doyok saat dihubungi Suara.com, Minggu (1/8/2021).

Virus corona Covid-19 memang penyakit pernapasan yang bisa mengganggu organ tubuh lain, seperti saluran pencernaan. Karena itu, virus corona Covid-19 bisa memicu gejala gastrointestinal.

Baca Juga: Apa Beda Virus Corona Varian Delta dengan Delta Plus?

Tapi, banyak orang mungkin kesulitan membedakan gejala virus corona Covid-19 dan masalah pencernaan, seperti GERD. Karena dilansir dari Cooper Health, virus corona Covid-19 dan GERD memiliki gejala serupa, termasuk batuk dan nyeri dada.

Ilustrasi lambung. (Shutterstock)
Ilustrasi lambung. (Shutterstock)

Gastroesophageal reflux (GERD) terjadi ketika asam lambung mengalir kembali ke kerongkongan (tabung yang menghubungkan mulut dan perut). Pencucian kembali sekresi lambung ke kerongkongan (refluks asam) ini dapat mengiritasi lapisan kerongkongan Anda.

Sedangkan, virus corona Covid-19 adalah penyakit menular akibat virus yang menyebabkan penyakit pernapasan, seperti flu dengan gejala batuk, demam dan kesulitan bernapas.

Anda bisa melindungi diri dari virus corona Covid-19 dengan sering mencuci tangan, tidak menyentuh wajah, dan mempraktikan jarak sosial dengan menghindari kontak dekat dengan orang yang tak tinggal di rumah.

Selain itu, Anda juga perlu memahami perbedaan gejala virus corona Covid-19 dan GERD. Berikut ini, perbedaan gejala virus corona Covid-19 dan GERD.

Baca Juga: Gejala Virus Corona dan Penyakit Musim Hujan Mirip, Ini Cara Membedakannya!

Gejala virus corona Covid-19

Komentar