alexametrics

Update Covid-19 Global: Virus Corona Varian Delta Bikin Beijing Lockdown Lagi

Risna Halidi | Lilis Varwati
Update Covid-19 Global: Virus Corona Varian Delta Bikin Beijing Lockdown Lagi
Warga Kota Beijing menanti trem di pusat jajanan kuno di kawasan Qianmen pada hari pertama liburan Tahun Baru China di Beijing, China, Rabu (10/2/2021). ANTARA FOTO/M. Irfan Ilmie

China kembali memutuskan menerapkan aturan kuncian atau lockdown di kota Beijing.

Suara.com - Update Covid-19 global hari ini Selasa, 3 Agustus 2021 mencatat bagaimana negara China kembali memutuskan menerapkan aturan kuncian atau lockdown di kota Beijing lantaran tingginya angka infeksi virus corona varian delta.

Pada Senin (2/8) kemarin, China melaporkan 55 kasus baru virus corona yang ditransmisikan secara lokal. Dan kini virus corona varian Delta dikonfirmasi telah menyebar lebih dari 20 kota dan selusin provinsi.

Pemerintah daerah telah menutup kompleks perumahan meminta warganya tetap di bawah karantina.

Pusat kota Zhuzhou, provinsi Hunan juga memerintahkan lebih dari 1,2 juta penduduk untuk tinggal di rumah selama tiga hari, terhitung sejak kemarin.

Baca Juga: Duh! 20 Persen Rakyat Indonesia Tak Mau Divaksin

"Situasinya masih suram dan rumit," kata pemerintah Zhuzhou dikutip dari Channel News Asia.

Beijing sebelumnya telah membanggakan keberhasilan mereka dalam menekan kasus lokal setelah virus corona pertama kali muncul di Wuhan pada akhir 2019.

Tetapi wabah baru ditemukan pada sembilan petugas kebersihan di bandara internasional di Nanjing yang dinyatakan positif pada 20 Juli. Kemudian kasus lokal jadi melonjak dengan lebih dari 360 kasus dilaporkan dalam dua minggu terakhir.

Sejak awal wabah Covid-19, total kasus Covid-19 di China saat ini tercatat 93.103 kasus dan kematian 4.636 jiwa.

Di sisi lain, penambahan kasus positif Covid-19 di dunia kini bertambah 464.873 dalam 24 jam terakhir. Kematian juga masih bertambah 7.572 jiwa dalam satu hari.

Baca Juga: Indonesia Kedatangan 620 Ribu Vaksin Hibah dari Inggris

Akumulasi kasus Covid-19 diseluruh dunia kini menjadi 199,5 juta dengan 4,24 juta orang di antaranya meninggal dunia setelah terinfeksi virus corona SARS Cov-2 tersebut.

Komentar