alexametrics

5 Cara Menjaga Kesehatan Lansia di Masa Pandemi Covid-19

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
5 Cara Menjaga Kesehatan Lansia di Masa Pandemi Covid-19
Ilustrasi lansia

Sistem imun yang sudah melemah ditambah adanya penyakit kronis dapat meningkatkan risiko Covid-19 pada lansia.

Suara.com - Mantan Menteri Kesehatan Republik Indonesia periode 2014-2019 Nila Moeloek beserta suaminya, Faried Anfasa Moeloek dinyatakan positif Covid-19. Keduanya dikabarkan tengah menjalani perawatan khusus di sebuah rumah sakit di Jakarta.

Kabar ini disampaikan Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Profesor Zubairi Djoerban melalui cuitannya di Twitter

"Mari luangkan waktu sejenak untuk mendoakan Prof Nila Moeloek dan Prof Farid Anfasa Moeloek. Dua mantan menteri kesehatan ini sedang dalam perawatan khusus di salah satu rumah sakit Jakarta. Semoga Allah memberkahi mereka kesembuhan dalam perjuangannya melawan Covid-19. Amin," ujarnya beberapa," ujarnya dikutip suara.com, Selasa (3/8/2021).

Nila Moeloek sendiri kini sudah genap berusia 72 tahun, dan suaminya Faried Anfasa berusia 77 tahun tahun. Ini artinya keduanya sudah masuk kategori lanjut usia atau lansia.

Baca Juga: Waspada! Orang yang Sudah Vaksin Covid-19 Masih Bisa Tularkan Varian Delta

Mengutip situs Pusat Analis Deteminan Kesehatan Kemenkes, lansia merupakan kelompok rentan terinfeksi Covid-19, karena seiring bertambahnya usia, tubuh akan mengalami berbagai penurunan akibat proses penuaan, hampir semua fungsi organ dan gerak menurun, diikuti dengan menurunnya imunitas sebagai pelindung tubuh pun tidak bekerja sekuat ketika masih muda.

Sistem imun yang sudah melemah ditambah adanya penyakit kronis dapat meningkatkan risiko Covid-19 pada lansia, baik risiko terjadinya infeksi virus corona maupun risiko virus ini untuk menimbulkan gangguan yang parah.

Cara agar lansia terhindar dari Covid-19

Meski berisiko alami keparahan, bukan berarti selama di rumah lansia tidak menjaga kesehatannya dan malas bergerak. Menurut dokter spesialis penyakit dalam RS Cipto Mangunkusumo (RSCM) dr. Anastasia Asylia Dinakrisma, Sp. PD memberikan kiat menjaga imunitas lansia, dengan cara sebagai berikut:

1. Menjali komunikasi dengan orang terdekat
Pembatasan sosial bukan berarti isolasi sosial, keluarga dan orang terdekat sebaiknya lebih sering dan rutin menjalin komunikasi dengan lansia, dengan memanfaatkan berbagai media telekomunikasi dan teknologi, misalnya telpon, video call, media sosial, atau bertemu langsung dengan memperhatikan kaidah physical distancing.

Baca Juga: Puan Maharani Beri Bantuan Pendidikan untuk Vino, Anak Yatim Piatu Akibat Covid-19

Pilihlah topik yang menyenangkan, menenangkan dan membuat lansia lebih bersemangat, hindari membahas mengenai berita-berita yang belum pasti kebenarannya atau hoaks.

Komentar