alexametrics

Awas, Kurang Tidur Usai Melahirkan Mempercepat Penuaan Biologis Perempuan

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Awas, Kurang Tidur Usai Melahirkan Mempercepat Penuaan Biologis Perempuan
Ilustrasi ibu menyusui. (pexels)

Kurang tidur bisa berefek cukup signifikan pada kesehatan ibu secara keseluruhan.

Suara.com - Ibu baru yang kurang tidur selama tahun pertama pascamelahirkan memicu penuaan yang lebih cepat. Hal ini dinyatakan dalam penelitian UCLA yang diterbitkan di jurnal Sleep Health menyarankan.

Melansir dari Medical Xpress, para ilmuwan mempelajari 33 ibu selama kehamilan dan tahun pertama kehidupan bayi mereka. Para peneliti kemudian menganalisis DNA dari sampel darah untuk menentukan usia biologis.

Mereka menemukan bahwa setahun setelah melahirkan, usia biologis ibu yang tidur kurang dari tujuh jam semalam mengalami tiga sampai tujuh tahun lebih tua daripada mereka yang tidur tujuh jam atau lebih.

Ibu yang tidur kurang dari tujuh jam juga memiliki telomer yang lebih pendek dalam sel darah putihnya. Potongan-potongan kecil DNA di ujung kromosom ini bertindak sebagai tutup pelindung, seperti ujung plastik di ujung tali sepatu. 

Baca Juga: Anda Sering Marah dan Kesal? Bisa Jadi Itu karena Kurang Tidur, Begini Penjelasannya

Telomer yang diperpendek telah dikaitkan dengan risiko kanker, kardiovaskular dan penyakit lain yang lebih tinggi, serta kematian dini.

Ilustrasi ibu menyusui. (Elements Envato)
Ilustrasi ibu menyusui. (Elements Envato)


"Bulan-bulan awal kurang tidur pascapersalinan dapat memiliki efek jangka panjang pada kesehatan fisik," kata penulis pertama studi tersebut, Judith Carroll, Profesor Psikobiologi George F. Solomon dari UCLA. 

"Kami tahu dari sejumlah besar penelitian bahwa tidur kurang dari tujuh jam semalam merusak kesehatan dan meningkatkan risiko penyakit terkait usia," imbuhnya. 

Sementara tidur malam peserta berkisar antara lima hingga sembilan jam, lebih dari setengahnya tidur kurang dari tujuh jam, baik enam bulan dan satu tahun setelah melahirkan, para peneliti melaporkan.

"Kami menemukan bahwa setiap jam tidur tambahan, usia biologis ibu lebih muda," kata Carroll, anggota Cousins Center for Psychoneuroimunology di UCLA's Jane and Terry Semel Institute for Neuroscience and Human Behavior. 

Baca Juga: Pentingnya Aplikasi Ulang Sunscreen setelah Pakai Makeup, Begini Caranya

"Saya, dan banyak ilmuwan tidur lainnya, menganggap kesehatan tidur sama pentingnya dengan kesehatan secara keseluruhan seperti pola makan dan olahraga," imbuhnya. 

Komentar