alexametrics

Baik untuk Kesehatan Mental, Simak 5 Manfaat Mendengarkan Musik Berikut

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Baik untuk Kesehatan Mental, Simak 5 Manfaat Mendengarkan Musik Berikut
Ilustrasi mendengarkan musik (Pexels/Andrea Piacquadio)

Musik bukan hanya hiburan tapi juga bisa jadi terapi untuk masalah kesehatan mental.

Suara.com - Lebih dari seperlima (23 persen) orang mengatakan musik telah menjadi dukungan terbesar bagi kesehatan mental mereka selama pembatasan wilayah akibat pandemi. Hal ini dinyatakan oleh layanan musik global DICE dan Populous yang mensurvei 2.063 orang.

Melansir dari Independent, musik memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan mental. Berikut lima manfaat musik bagi kesehatan mental Anda, antara lain:

1. Dapat membawa kembali kenangan indah

Kita tidak bisa selalu membawa diri kita ke waktu yang lebih cerah, lebih bahagia, dan lebih menyenangkan tetapi lagu yang bagus mungkin bisa membawa kita ke kenangan yang indah.

Baca Juga: Bukan Hanya Tak Sehat, Kelebihan Berat Badan Juga Picu Depresi

Seperti aroma yang dapat memicu kenangan dan membawa kita kembali ke momen tertentu, lagu-lagu tertentu mungkin melakukan hal yang sama.

2. Musik bisa menjadi terapi

Seperti seni atau drama, musik digunakan sebagai bentuk terapi termasuk untuk orang yang hidup dengan demensia. Musik juga sering digunakan sebagai terapi untuk dan anak-anak dan orang dewasa yang memiliki masalah mental atau masalah perkembangan. 

Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Positive Psychology pada tahun 2013 menemukan bahwa mendengarkan musik yang ceria dapat meningkatkan suasana hati dan kebahagiaan orang dalam dua minggu.

Ilustrasi Mendengarkan Musik. (freepik)
Ilustrasi Mendengarkan Musik. (freepik)

3. Musik dapat membantu memproses emosi 

Baca Juga: Ahli: Masalah Keuangan akibat Pandemi Covid-19 Pengaruhi Kesehatan Mental

Musik dapat membantu kita memproses dan mengekspresikan emosi kita. Baik membuat ceria atau bahagia maupun membuat menangis. 

Komentar