alexametrics

Perubahan Kuku Kaki Bisa Jadi Tanda 3 Masalah Kesehatan, Periksa Sekarang

Cesar Uji Tawakal | Shevinna Putti Anggraeni
Perubahan Kuku Kaki Bisa Jadi Tanda 3 Masalah Kesehatan, Periksa Sekarang
Ilustrasi Kuku Kaki (Pixabay/iGlobalWeb)

Ada 3 masalah kesehatan yang bisa terdeteksi dari perubahan kuku kaki.

Suara.com - Sebagian besar orang akan mengabaikan perubahan apapun pada kuku kakinya. Padahal, perubahan kuku kaki bisa mengungkapkan banyak hal tentang kondisi kesehatan secara keseluruhan.

Perubahan kuku kaki ini meliputi tekstur dan warna kuku. Dina Gohil, ahli penyakit kaki dan MD dan firma DG Podiatrist di Inggris, pun menjelaskan tanda-tanda masalah kesehatan mendasar dari kuku kaki Anda.

Berikut ini dilansir dari Express, 3 masalah kesehatan yang bisa terlihat dari perubahan kuku kaki.

1. Diabetes

Baca Juga: Peneliti WHO Sebut Hipotesis Virus Corona Bocor dari Laboratorium Sangat Mungkin

Glukosa darah tinggi kronis berkaitan dengan komplikasi serius pada diabetes. Kondisi ini akan terlihat pada kuku kaki Anda.

Contohnya, perubahan kuku kaki yang menjadi kuning disebabkan oleh berbagai kebiasaan gaya hidup yang berbeda, termasuk merokok dan diet.

diabetes. [Dok.pixabay/stevepb]
diabetes. [Dok.pixabay/stevepb]

"Dalam hal ini, kuku akan tumbuh bersih kembali, tetapi Anda juga bisa menggunakan perawatan alami seperti minyak pohon teh dan vitamin E untuk mengatasi infeksi apapun," kata Dina Gohil.

Tapi, perubahan kuku yang menjadi tebal, rapuh, warna kuning kecokelatan atau buram cenderung menandakan infeksi jamur pada kuku. Jamur kuku adalah suatu kondisi yang menodai dan menghancurkan kuku dalam proses onikomikosis.

Kondisi ini biasanya disebabkan oleh beberapa jenis jamur berbeda, yang merupakan organisme mikroskopis terkait dengan jamur dan lumut. Masalah berkembang ketika jamur menginfeksi area di bawah permukaan kuku kaki.

Baca Juga: Virus Marburg Sangat Mudah Merebak, Begini Cara Penularannya

Penderita diabetes cenderung rentan terhadap infeksi di dalam dan sekitar kuku, termasuk bakteri atau jamur. Tapi, ada penyebab lain kuku kaki menguning, meliputi:

Komentar