alexametrics

Tak Hanya Daging, 5 Makanan Ini Juga Tinggi Protein Lho

Yasinta Rahmawati
Tak Hanya Daging, 5 Makanan Ini Juga Tinggi Protein Lho
Ilustrasi daging sapi. (Elemen Envato)

Memang daging adalah sumber makanan berprotein tinggi, tapi ada banyak makanan lain yang memiliki konsentrasi protein tak kalah tinggi.

Suara.com - Asupan protein punya peran penting untuk tubuh. Selain membuat Anda merasa kenyang, protein juga berguna untuk membantu membangun otot. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa makan lebih banyak protein dapat meningkatkan metabolisme dan pada akhirnya membantu menurunkan berat badan.

Untuk memenuhi asupan protein, banyak yang mengandalkan makan daging. Memang daging adalah sumber makanan berprotein tinggi, tapi ada banyak makanan lain yang memiliki konsentrasi protein tak kalah tinggi.

Apa saja? Berikut dirangkum dari Eat This.

1. Tempe

Baca Juga: Sudah Semangat Santap Brownies Usai Bangun Tidur, Warganet Malah Sedih Gegara Ini

Terbuat dari kedelai matang yang difermentasi, tempe adalah sumber protein yang sangat populer di kalangan vegan dan vegetarian. Tempe memiliki lebih banyak serat daripada tahu serta protein yang jauh melampaui daging sapi. 100 gram tempe = 20,3 gram, 42,3% protein per kalori.

Tahu dan Tempe (shutterstock)
Tahu dan Tempe (shutterstock)

2. Brokoli

Brokoli penuh dengan vitamin dan mineral penting, ditambah dosis serat yang sehat. Tapi tahukah Anda bahwa brokoli termasuk salah satu sumber protein nabati terbaik? Sayuran silangan ini sangat rendah kalori dan mengandung jumlah protein yang menakjubkan. 100 gram brokoli = 2,8 gram, 33% protein per kalori.

3. Edamame

Sering dijadikan camilan, edamame merupakan makanan rendah lemak, tinggi serat, kaya antioksidan, dan sebenarnya dapat membantu menurunkan kolesterol Anda. Tapi banyak yang tidak sadar bahwa edamame juga tinggi protein. 100 gram edamame = 11,9 gram, 39,3% protein per kalori.

Baca Juga: Ini Syarat Seorang Muslim Bisa Makan Daging Babi

Ilustrasi Makanan Zat Besi, Bayam (freepik)
Ilustrasi bayam. (freepik)

4. Bayam

Komentar