alexametrics

Turunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol, Makanlah 1 Buah Ini Secara Rutin!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Turunkan Tekanan Darah Tinggi dan Kolesterol, Makanlah 1 Buah Ini Secara Rutin!
Ilustrasi tekanan darah tinggi [pixabay]

Makan satu buah tertentu bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol.

Suara.com - Tekanan darah tinggi salah satu kondisi yang menjadi penyebab utama kematian dini di seluruh dunia. Kondisi ini ditandai dengan sakit kepala, pusing, dan masalah penglihatan.

Tapi, ada satu buah yang bisa membantu mengelola tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar kolesterol jahat. Salah satu buah ini adalah semangka yang mengandung 46 kalori per cangkir, tinggi vitamin C, A dan senyawa tanaman kesehatan lainnya.

Semua kandungan dalam semangka itu terbukti meningkatkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. Tapi, dua asam amino dalam buah semangka, seperti L-citrulline dan L-arginine memiliki efek paling kuat.

Tekanan darah tinggi

Baca Juga: Deteksi Virus Corona Covid-19, Perhatikan 5 Perubahan Kuku Ini!

Menurut Harvard Health, asam amino dalam buah itu bisa meningkatkan kadar oksida nitrat, zat yang bisa mengendurkan pembuluh darah dan menurunkan tekanan darah.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Profesor Arturo Figueroa dari Universitas Negeri Florida menemukan bahwa semangka dapat mengurangi tekanan darah pada seseorang yang kelebihan berat badan, baik ketika istirahat maupun stres secara signifikan.

Ilustrasi Semangka (freepik)
Ilustrasi Semangka (freepik)

Studi oleh Profesor Figueroa ini dilakukan selama 12 minggu yang fokus pada pria gemuk dan menderita tekanan darah tinggi. Studi ini dilatarbelakangi oleh tingginya kasus orang meninggal akibat serangan jantung dalam air dingin.

Sebab, suhu dingin bisa memicu lonjakan tekanan darah tinggi sehingga memaksa jantung berdetak lebih cepat. Kondisi ini membuat orang gemuk dengan tekanan darah tinggi rentan terhadap cuaca dingin.

Mereka pun membagi para peserta menjadi dua kelompok, yang mana kelompok pertama diberi 4 gram L-sitrulin dan 2 gram L-arginin per hari selama 6 minggu.

Baca Juga: Varian Baru Virus Corona Covid-19 Terus Bermunculan, Apakah Selalu Lebih Berbahaya?

Sedangkan dilansir dari Express, kelompok kedua diberi plasebo. Kemudian, kedua kelompok itu saling bertukar posisi selama 6 minggu lagi.

Komentar