alexametrics

Gejala Virus Corona Covid-19, Perhatian 5 Perubahan Ini Pada Mata!

Arendya Nariswari | Shevinna Putti Anggraeni
Gejala Virus Corona Covid-19, Perhatian 5 Perubahan Ini Pada Mata!
Ilustrasi mata. (Pixabay/puhhha)

Virus corona Covid-19 bisa menimbulkan gejala pada mata.

Suara.com - Virus corona Covid-19 masuk ke dalam tubuh melalui enzim yang disebut sebagai enzim pengubah angiotensin 2-ACE2. Ebzim ini juga ditemukan di beberapa bagian tubuh, termasuk paru-paru, jantung, dan selaput mata.

Karena itu, tak heran virus corona Covid-19 bisa menular melalui mata atau pasien bisa mengalami gejala pada matanya ketika terinfeksi virus corona Covid-19.

Sebuah penelitian dalam Journal of Ophthalmic & Vision Research menemukan bahwa dari 8.200 orang dengan virus corona Covid-19, 11 persen orang memiliki gejala yang mempengaruhi bagian mata.

Parahnya lagi, 83 persen dari 932 pasien dengan gejala mata mengalami beberapa bentuk rasa sakit atau masalah kesehatan mata yang berbeda. Berikut ini dilansir dari Express, 5 gejala virus corona Covid-19 pada mata.

Baca Juga: WHO: Teori Soal Asal Usul Virus Corona dari Lab Masih Terbuka Untuk DIdiskusikan

1. Mata kering

Banyak 16 persen pasien virus corona Covid-19 mengalami gejala mata kering. Kondisi ini terjadi ketika mata Anda tidak mampu menghasilkan pelumas yang cukup agar tidak kering, sehingga bisa menyebabkan mata gatal, Kemerahan dan penglihatan kabur.

Ilustrasi pasien virus corona Covid-19(Pixabay/Coyot)
Ilustrasi pasien virus corona Covid-19 (Pixabay/Coyot)

2. Mata Kemerahan

Sebanyak 13,3 persen orang juga mengalami mata Kemerahan, terutama di bagian putih mata. Mata merah ini biasanya disertai sensasi terbakar atau Kemerahan yang menyebar ke kelopak mata.

3. Mata gatal

Baca Juga: Ilmuwan Pesimis Asal Usul Virus Corona Bisa Terungkap, Mengapa?

Sebanyak 12,6 persen mengalami mata gatal ketika mereka terinfeksi virus corona Covid-19. Tapi, mata gatal ini mirip dengan gejala alergi dan demam. Mata gatal bisa semakin buruk hingga iritasi bila Anda menggosoknya. Karena itu, lebih baik membersihkannya setiap hari menggunakan kain bersin dan air dingin.

Komentar