Yuk Rutin Minum Kopi, Turunkan Risiko Masalah Jantung dan Stroke

Yasinta Rahmawati, Fita Nofiana

Senin, 30 Agustus 2021 | 16:30 WIB
Yuk Rutin Minum Kopi, Turunkan Risiko Masalah Jantung dan Stroke
Ilustrasi minum kopi bersama gebetan (Shutterstock).

Suara.com - Sebuah studi baru yang mengamati kebiasaan pola makan pada hampir 469.000 orang., menemukan bahwa kopi membantu mengurangi risiko kematian dini akibat penyakit jantung dan stroke.

Penelitian dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) ini mengungkapkan tiga kemungkinan manfaat dari konsumsi kopi secara teratur.

Melansir dari Eat This, penelitian yang dipresentasikan pada pertemuan tahunan European Society of Cardiology tersebut menilai efek kardiovaskular dari konsumsi kopi secara teratur. Usia rata-rata sampel adalah 56 tahun, dan 55,8 persen dari peserta adalah perempuan.

Penulis Dr. Judit Simon dari Pusat Jantung dan Pembuluh Darah Universitas Semmelweis Hungaria mencatat bahwa setengah cangkir hingga tiga cangkir kopi per hari dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih rendah.

Asupan ini juga bisa mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular dan kematian karena sebab apapun.

Ilustrasi Minum Kopi di Malam Hari. (Pixabay)
Ilustrasi Minum Kopi di Malam Hari. (Pixabay)

Peminum kopi dalam jumlah sebanyak itu memiliki risiko kematian dini 12 persen lebih rendah dari penyebab apa pun, serta risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular 17 persen lebih rendah, dan risiko insiden stroke 21 persen lebih rendah.

Untuk membantu menjelaskan mengapa kopi dapat mencegah penyakit jantung, stroke, dan kematian dini secara keseluruhan, Simon melaporkan bahwa timnya telah mengamati magnetic resonance imaging (MRI) lebih dari 30.000 peserta. 

"Analisis pencitraan menunjukkan bahwa dibandingkan dengan peserta yang tidak minum kopi secara teratur, konsumsi harian memiliki ukuran yang lebih sehat dan jantung yang berfungsi lebih baik. Ini konsisten dengan membalikkan efek merugikan dari penuaan pada jantung," ujar Simon.

baca juga
Cari Tahu

Kumpulan Kuis Menarik

KUIS: Seberapa Leo Sih Kamu? Mengukur Tingkat Percaya Diri dan Karisma
Ikuti Kuisnya ➔
Kalkulator Weton Online, Cek Hari Lahir Menurut Penanggalan Jawa
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Kacamata Apa yang Paling Cocok dengan Gayamu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Sepatu Mana yang Cocok dengan Kepribadianmu?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan Si Zodiak Cancer?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Karakter Apakah Kamu Saat Mati Listrik Melanda?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Seberapa Kenal Kamu dengan MPR RI?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Tipe Work-Life Balance Mana yang Paling Kamu Banget?
Ikuti Kuisnya ➔
KUIS: Siapa Kamu di Kru Bajak Laut Topi Jerami?
Ikuti Kuisnya ➔
Kuis Ujian Kepekaan: Apakah Anda Individu yang Empati atau Justru Cuek?
Ikuti Kuisnya ➔
Simulasi TKA SD: 15 Soal Matematika Kelas 6 Materi Bilangan
Ikuti Kuisnya ➔

Komentar

Terkait

Tempat Ngopi di Jakarta, Cocok Kalau Bosan WFH di Kost

Tempat Ngopi di Jakarta, Cocok Kalau Bosan WFH di Kost

Jakarta | Senin, 30 Agustus 2021 | 15:56 WIB

Ahli: Tingginya Polusi Udara yang Terjadi, Sebabkan Resiko Henti Jantung Juga Meningkat

Ahli: Tingginya Polusi Udara yang Terjadi, Sebabkan Resiko Henti Jantung Juga Meningkat

Kaltim | Senin, 30 Agustus 2021 | 13:36 WIB

Terbaring di RS Polri Kramat Jati, Begini Kondisi Terkini Ustaz Yahya Waloni

Terbaring di RS Polri Kramat Jati, Begini Kondisi Terkini Ustaz Yahya Waloni

Banten | Senin, 30 Agustus 2021 | 13:17 WIB

Terkini

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Kasus PETI Kuansing, Polisi Sita Ratusan Gram Perhiasan di Toko Emas Kampar

Riau | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:47 WIB

Transisi Energi Berwajah Hijau Disorot Jadi Modus Baru Perampasan Ruang Hidup

Transisi Energi Berwajah Hijau Disorot Jadi Modus Baru Perampasan Ruang Hidup

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:31 WIB

Korupsi Tak Cukup Dibalas Tangkap: Kejar Uang, Jaringan, dan Penikmatnya

Korupsi Tak Cukup Dibalas Tangkap: Kejar Uang, Jaringan, dan Penikmatnya

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:19 WIB

Senpi Dinas Diduga Dipakai Mantan Istri Bunuh Diri, Bripka Iman Harefa Resmi Masuk Patsus

Senpi Dinas Diduga Dipakai Mantan Istri Bunuh Diri, Bripka Iman Harefa Resmi Masuk Patsus

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:15 WIB

Dua Biodigester Bakal Dibangun di Jakarta Utara, Dapat Hasilkan Energi dan Pupuk Organik

Dua Biodigester Bakal Dibangun di Jakarta Utara, Dapat Hasilkan Energi dan Pupuk Organik

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:13 WIB

PTBA Perkuat Kemandirian Ekonomi Warga Lahat lewat Budidaya Ayam Petelur

PTBA Perkuat Kemandirian Ekonomi Warga Lahat lewat Budidaya Ayam Petelur

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:09 WIB

Tak Mau Berpolitik Tanpa Data, Megawati Sebut Riset dan Sains Vital bagi Pergerakan Partai

Tak Mau Berpolitik Tanpa Data, Megawati Sebut Riset dan Sains Vital bagi Pergerakan Partai

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:08 WIB

Pinka Harprani Dilantik Megawati Pimpin Sayap Partai TMP, Bawa Misi Gaet Suara Anak Muda

Pinka Harprani Dilantik Megawati Pimpin Sayap Partai TMP, Bawa Misi Gaet Suara Anak Muda

News | Selasa, 11 Agustus 2026 | 21:00 WIB

Rawat Alam di Tengah Aktivitas Industri, Kilang Plaju Konsisten Lestarikan Keanekaragaman Hayati

Rawat Alam di Tengah Aktivitas Industri, Kilang Plaju Konsisten Lestarikan Keanekaragaman Hayati

Sumsel | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:45 WIB

6 Tanda-Tanda Rumah Memiliki Energi Positif Chi yang Membuat Penghuni Tenang

6 Tanda-Tanda Rumah Memiliki Energi Positif Chi yang Membuat Penghuni Tenang

Lifestyle | Selasa, 11 Agustus 2026 | 20:38 WIB

×