alexametrics

Antisipasi Pandemi di Masa Depan, Ilmuwan Serukan Pemerintah Perkuat Kapasitas

M. Reza Sulaiman
Antisipasi Pandemi di Masa Depan, Ilmuwan Serukan Pemerintah Perkuat Kapasitas
Ilustrasi stres akibat pandemi Covid-19. [Suara.com/Ema Rohimah]

Kapasitas penanganan pandemi di Indonesia diuji dengan keras di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Suara.com - Kapasitas penanganan pandemi di Indonesia diuji dengan keras di masa pandemi COVID-19 saat ini.

Untuk mengantisipasi masalah yang sama di masa depan, ilmuwan menyarankan pemerintah untuk memperkuat kapasitas.

"Dua hal penting yang tidak hanya bertujuan untuk menyelesaikan pandemi COVID-19, tapi juga untuk memperkuat kapasitas pemerintah dalam mengantisipasi pandemi di masa datang," kata Sulfikar Amir, PhD, Ilmuwan dari Nanyang Technological University, dilansir ANTARA.

Dua hal itu adalah peta jalan penyelesaian pandemi dan pembangunan tata kelola pandemi melalui pelembagaan badan pengendalian wabah penyakit.

Baca Juga: Presiden Jokowi Janji Tambah Vaksin Covid-19 untuk Lampung

Aliansi Ilmuwan Indonesia Untuk Penyelesaian Pandemi mengusulkan skenario pascapandemi sebagai jalan keluar dari masa pandemi.

Pihaknya meyakini bila skenario pascapandemi dijalankan, Indonesia akan keluar dari masa pandemi dalam waktu setahun.

Sulfikar menyebut Indonesia saat ini masih rentan terhadap gejolak pandemi akibat penanganan wabah virus COVID-19 yang cenderung sporadis.

"Ketika terjadi lonjakan kasus, pemerintah segera memberlakukan pembatasan sosial. Ketika pelonggaran dilakukan, mobilitas dan aktivitas masyarakat memicu naiknya jumlah kasus. Begitu seterusnya," kata Anggota Aliansi Ilmuwan Indonesia Untuk Penyelesaian Pandemi ini.

Selain itu masuknya varian-varian baru yang lebih ganas juga membuat Indonesia lebih sulit keluar dari krisis pandemi yang berkepanjangan.

Baca Juga: Ilmuwan Temukan Pulau Paling Dekat dengan Kutub Utara

Skenario pascapandemi bertujuan tidak hanya untuk menekan mortalitas dan morbiditas COVID-19 saat ini, tetapi juga untuk mengeluarkan Indonesia dari pandemi. Skenario ini merupakan kerja kolektif skala nasional yang dilakukan secara bertahap target dan indikator yang jelas, terukur dan obyektif. [ANTARA]

Komentar