facebook

Sering Mager Saat Mau Olahraga, Coba Mulai 4 Tips Ini

Bimo Aria Fundrika | Dini Afrianti Efendi
Sering Mager Saat Mau Olahraga, Coba Mulai 4 Tips Ini
Ilustrasi olahraga di rumah (shutterstock)

WHO merekomendasikan berolahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit atau berolahraga dengan intensitas tinggi selama 75 menit per minggu.

Suara.com - Tanggal 9 September setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Olahraga Nasional. Peringatan ini ditujukan agar masyarakat Indonesia mau bergerak aktif melakukan aktivitas fisik demi hidup lebih sehat.

Sebagaimana rekomendasi organisasi kesehatan dunia atau WHO yang merekomendasikan berolahraga dengan intensitas sedang selama 150 menit atau berolahraga dengan intensitas tinggi  selama 75 menit per minggu.

Tapi tidak sedikit masyarakat yang mengaku sulit membangkitakan semangat olaharga. Oleh karena itu, empat cara berikut bisa membantu berdasarkan siaran pers Ruang Guru, Kamis (9/9/2021).

1. Pahami manfaat olahraga untuk kesehatan

Baca Juga: Lima Potret Sabrina Chaitunnisa, Body Goals Karena Rajin Olahraga

Ilustrasi Olahraga di Rumah. (freepik)
Ilustrasi Olahraga di Rumah. (freepik)

Dengan melakukan aktivitas fisik secara teratur, kita dapat mengurangi lemak di dalam tubuh, membangun massa otot serta meningkatkan metabolisme tubuh.

Selain bermanfaat bagi tubuh, aktivitas fisik juga dapat meningkatkan kesehatan mental, antusiasme, optimisme dan kepercayaan diri pada diri kita sendiri.

2. Lakukan olahraga bersama teman atau keluarga

Ketika berolahraga sendirian, kita biasanya akan lebih mudah untuk merasa bosan. Walaupun memang saat beraktivitas fisik Anda akan jarang mengobrol, beraktivitas bersama orang lain ternyata lebih menyenangkan.

Beraktivitas bersama keluarga menciptakan quality time yang bisa dimanfaatkan untuk mempererat bonding antara satu sama lain.

Baca Juga: Pasien Diabetes Tidak Disarankan Langsung Olahraga, Apa Alasannya?

3. Mulailah dengan kegiatan yang disukai

Ketika kita menyukai dan menikmati suatu kegiatan, pasti kita ingin melakukannya kembali.

Saat baru ingin memulai melakukan aktivitas fisik, pilihlah jenis aktivitas yang kita sukai dan membuat kita lebih bersemangat dan lebih mudah untuk dilakukan sebagai rutinitas kita sehari-hari.

4. Berikan reward untuk diri sendiri

Buatlah goals yang ingin kita capai dengan melakukan aktivitas fisik, dan catatlah perkembangan aktivitas fisik kita secara rutin.

Jika target yang kita inginkan sudah terpenuhi, berilah reward kepada diri sendiri agar memotivasi kita supaya lebih semangat lagi kedepannya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar