facebook

Sulit Tertidur Nyenyak? Coba Konsumsi 4 Asupan Berikut

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Sulit Tertidur Nyenyak? Coba Konsumsi 4 Asupan Berikut
Ilustrasi Tidur. [pexels.com]

Berikut beberapa asupan yang perlu Anda konsumsi agar lebih mudah tertidur.

Suara.com - Masalah tidur yang dialami banyak orang bisa disebabkan olah berbagai aspek, salah satunya asupan nutrisi Anda. 

Melansir dari Medicinenet, pola makan dan nutrisi dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Dalam hal ini, makanan dan minuman tertentu dapat membuat Anda lebih mudah atau lebih sulit untuk mendapatkan tidur yang dibutuhkan tubuh Anda.

Satu studi menemukan bahwa kekurangan nutrisi utama, seperti kalsium, magnesium, dan vitamin A, C, D, E, dan K terkait dengan masalah tidur. Sebagai aturan umum, pola makan seimbang yang sebagian besar terdiri dari berbagai sayuran dan buah-buahan mampu memberikan asupan vitamin dan nutrisi yang direkomendasikan setiap hari. 

Untuk membantu tidur, berikut beberapa asupan yang direkomendasikan, antara lain:

Baca Juga: Dokter Tidak Sarankan Olahraga Mepet Tidur, Apa Sebab?

INFOGRAFIS: 5 Makanan Bantu Atasi Kelelahan Usai Pulih dari Covid-19
INFOGRAFIS: 5 Makanan Bantu Atasi Kelelahan Usai Pulih dari Covid-19

1. Susu

Susu mengandung bahan-bahan yang diketahui dapat membantu orang tidur. Misalnya, triptofan atau asam amino yang dapat membantu tubuh manusia memproduksi serotonin. 

Serotonin sendiri adalah zat kimia otak yang dapat menyebabkan tidur lebih nyenyak dan nyenyak dengan menciptakan melatonin.

2. Almond

Almond mengandung melatonin dosis tinggi, hormon yang membantu mengatur siklus tidur dan bangun. Sekitar 5 sampai 6 almond utuh mengandung magnesium dan kalsium dalam jumlah yang baik.

Baca Juga: 6 Efek Berbahaya dari Makan Berlebihan, Menggangu Kualitas Tidur

Asupan tersebut membantu meningkatkan relaksasi otot dan tidur.

Kacang Almond (freepik).
Kacang Almond (freepik).

3. Teh chamomile 

Selama bertahun-tahun, teh chamomile telah digunakan sebagai obat alami untuk mengurangi peradangan, kecemasan, dan juga mengobati insomnia

Faktanya, chamomile umumnya dianggap sebagai obat penenang ringan atau penginduksi tidur. Teh chamomile mengandung antioksidan yang disebut apigenin di mana dapat membantu memulai tidur.

4. Kenari

Kenari mengandung beberapa senyawa yang meningkatkan dan mengatur tidur, termasuk melatonin dan serotonin. Setiap porsi kenari juga mengandung nutrisi lain yang dapat membantu menginduksi tidur seperti magnesium.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Komentar