alexametrics

Hari Palang Merah Indonesia: Cara Dongrak Kadar Hb Sebelum Donor Darah

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi
Hari Palang Merah Indonesia: Cara Dongrak Kadar Hb Sebelum Donor Darah
Ilustrasi donor darah

Setiap tanggal 17 September selalu diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia 2021 atau hari jadi PMI.

Suara.com - Setiap tanggal 17 September selalu diperingati sebagai Hari Palang Merah Indonesia 2021 atau hari jadi PMI. Agenda ini kerap diidentikan dengan kegiatan donor darah.

Membahas donor darah, banyak pendonor kerap tidak memenuhi syarat lantaran kadar hemoglobin atau Hb yang rendah, sehingga gagal mendonorkan darahnya.

Hemoglobin adalah protein yang berada dalam sel darah merah, protein inilah yang membuat darah berwarna merah.

Lantas, apa yang harus dilakukan pendonor jika Hb rendah dan tetap ingin mendonor?

Baca Juga: Daftar Hari Besar di Bulan September 2021 dan Daftar Libur Nasional 2021

Menjawab hal ini, Ketua Bidang Unit Donor Darah atau UDD PMI Pusat dr. Linda Lukitari Waseso, menyarankan para pendonor untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin sebelum mendonor, dengan mengonsumsi makanan tinggi zat besi.

"Tipsnya makan-makanan seperti daging merah, sea food, sayuran hijau, hati sapi atau hati ayam. Atau obat-obatan yang mengandung zat besi, vitamin B12, dan asam folat," ujar dr. Linda dalam acara diskusi bersama awak media, Kamis (16/9/2021).

Dokter Linda mengatakan, kadar Hb jadi hal vital untuk diperiksa sebelum mendonor darah. Tujuannya untuk memeriksa kadar protein dalam sel darah merah, sekaligus memastikan pendonor tidak memiliki anemia atau kondisi kekurangan sel darah merah.

"Hemoglobin adalah protein di dalam sel darah merah yang berfungsi sebagai pengangkut oksigen ada didalam sel darah merah selain juga pemberi warna," papar dr. Linda.

Selanjutnya, apabila orang dengan Hb rendah atau anemia memaksakan diri untuk donor darah, maka akan membahayakan kondisi tubuhnya, seperti pusing, lemah dan letih.

Baca Juga: 31 Daftar Hari Besar September 2021, Tidak Ada Libur

"Hb rendah biasanya menandakan adanya anemia biasanya kekurangan zat besi, jadi penting kadar Hb untuk diperiksa," tegas dr. Linda.

Selain itu, kata dr. Linda, PMI juga memiliki aturan tegas karena tidak akan menerima pendonor dengan Hb rendah.

Adapun syarat Hb minimal untuk donor darah adalah 12 g/dL (gram per desiliter) untuk perempuan dan 13 g/dL untuk lelaki. Minimal usia 17 tahun dan berat badan minimal 45 kilogram.

Komentar