alexametrics

Mau Jaga Kesehatan Jantung, Yuk Perbanyak Konsumsi 4 Camilan Berikut

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Mau Jaga Kesehatan Jantung, Yuk Perbanyak Konsumsi 4 Camilan Berikut
Kacang Almond (freepik).

Ngemil tak selalu kurang baik untuk kesehatan, beberapa camilan berikut malah baik untuk jantung.

Suara.com - Kesehatan jantung bisa dipengaruhi oleh berbagai faktor, termasuk apa yang Anda konsumsi. Faktanya, beberapa camilan bisa membantu Anda menyehatkan jantung. 

Melansir dari Healthshots, berikut adalah lima camilan sehat yang baik untuk kesehatan jantung Anda, antara lain:

1. Almond

Almond adalah kacang terbaik untuk camilan, jika Anda ingin menjaga kesehatan jantung Anda. Menurut sebuah penelitian, mengemil almond dapat meningkatkan kesehatan jantung Anda dengan pesat. 

Baca Juga: Bisa Jaga Kesehatan Jantung dan Cegah Stroke, Ini Manfaat Mengkonsumsi Kacang-kacangan

Studi yang diterbitkan dalam European Journal of Nutrition menunjukkan bahwa mengganti makanan ringan populer seperti biskuit dan keripik dengan almond dapat meningkatkan fungsi endotel, indikator utama kesehatan kardiovaskular. Selain itu, almond juga menurunkan kolesterol jahat.

2. Biji chia

Biji chia sangat bergizi dan memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Biji chia juga sangat bagus untuk kesehatan jantung Anda.

Konsumsi Biji Chia disebut baik untuk program diet penurunan berat badan. (Shutterstock)
Konsumsi Biji Chia disebut baik untuk program diet penurunan berat badan. (Shutterstock)

Biji chia sarat dengan asam lemak omega-3, serat, protein, magnesium, antioksidan, dan fosfor.

3. Kubis Brussel 

Baca Juga: Ini Tips Bikin Mood Jadi Lebih Baik ala Angga Yunanda

Kubis Brussel adalah sayuran renyah yang dapat membantu Anda menghindari beberapa masalah kesehatan seperti tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, penyakit jantung, dan diabetes.

Ahli gizi klinis terkenal Lovneet Batra menyatakan bahwa kubis Brussel mengandung serat yang tinggi. Dengan demikian, kubis brussel dapat terbukti bermanfaat bagi orang yang menderita penyakit kardiovaskular. 

4. Apel 

Apel adalah camilan sehat untuk jantung yang sangat baik karena apel sama-sama kaya serat. Apel dapat menjaga keseimbangan kadar gula darah dan kolesterol.

Menurut sebuah studi oleh University of Reading di Inggris menunjukkan bahwa serat dalam apel berpotensi menurunkan LDL (kolesterol jahat). LDL menumpuk di arteri dan dapat menyebabkan serangan jantung atau stroke.

Komentar