alexametrics

Dear Single Mom, Ini Tips Jitu Mengasuh Anak Seorang Diri

Bimo Aria Fundrika
Dear Single Mom, Ini Tips Jitu Mengasuh Anak Seorang Diri
Ilustrasi single mom dan anak (Pixabay)

Walau kondisinya sendirian dan sudah tidak berhubungan dengan suami, kadang single mom juga rentan mengalami beberapa tekanan, seperti stres, depresi, hingga kelelahan emosion

Suara.com - Sebagai single mom atau orangtua tunggal, membesarkan anak sendirian seringkali tidaklah mudah. Apalagi jika masih haru bekerja, sehingga perlu membagi waktu.

Walau kondisinya sendirian dan sudah tidak berhubungan dengan suami, kadang single mom juga rentan mengalami beberapa tekanan, seperti stres, depresi, hingga kelelahan emosional.

Tetapi, semua akan mudah jika Anda ikuti tips jitu yang satu ini, seperti dilansir dari Mayo Clinic. Apa saja?

Berikan cinta dan kasih sayang

Baca Juga: 4 Cara Asuh Orang Tua yang Malah Menghambat Kreativitas Anak, Hindari!

Ilustrasi ibu bersama anaknya.(pixabay)
Ilustrasi ibu bersama anaknya.(pixabay)

Meski Anda sendirian, jangan sampai lupa untuk memberikan cinta dan kasih sayang kepada anak Anda. Sisihkan waktu Anda untuk bermain atau sekadar berdiskusi dengan anak di rumah. Ingat, jangan sampai mereka sendirian tanpa kehadiran Anda.

Buat rutinitas

Saat Anda memiliki waktu luang, buatlah rutinitas yang positif bersama anak. Seperti jadwal makan, tidur yang teratur, membantu mengerjakan PR anak, hingga bermain di sekitaran rumah.

Buat aktivitas diri

Tips ini bukan menjadikan Anda untuk egois. Akan tetapi, Anda perlu memiliki aktivitas sendiri selain bersama anak. Mulai dari olahraga, mengonsumsi makanan sehat, serta tidur yang cukup. Selain itu, Anda bisa atur waktu untuk melakukan aktivitas yang bisa meningkatkan rasa positif Anda, baik saat sendiri maupun bersama teman.

Baca Juga: 4 Kesalahan yang Sering Dilakukan Orang Tua saat Memarahi Anak, Membentak!

Jika ada asisten di rumah, tidak ada salahnya untuk menitipkan anak sementara. Tapi jika tidak ada asisten, Anda bisa ajak anak sementara untuk ikut kegiatan Anda.

Berikan tanggung jawab pada anak

Walau keadaan tidak selalu positif, tidak apa-apa untuk jujur kepada anak bahwa Anda sedang mengalami masa sulit. Ingatkan juga bahwa semua akan berjalan membaik, dan berikan anak Anda sedikit tanggung jawab untuk melakukan pekerjaan di rumah. Dengan begitu, ini akan membuat anak Anda bisa lebih tanggung jawab di usia dewasa nanti.

Komentar