alexametrics

Meningkatkan Suasana Hati, Coba Konsumsi 7 Asupan Ampuh Berikut

Yasinta Rahmawati | Fita Nofiana
Meningkatkan Suasana Hati, Coba Konsumsi 7 Asupan Ampuh Berikut
Ilustrasi bahagia (pexels.com/@sound-on)

Berikut tujuh makanan yang bisa menjaga dan meningkatkan suasana hati Anda.

Suara.com - Makanan memegang peranan penting dalam kesehatan baik fisik maupun secara mental. 

"Pola makan seimbang dapat membuat seseorang merasa berenergi sepanjang hari dan juga menyeimbangkan suasana hati," kata Jyoti Bhatt, ahli diet di Rumah Sakit dan Pusat Penelitian Jaslok seperti yang dikutip dari India Express.

“Makanan memainkan peran utama dalam menyeimbangkan berbagai suasana hati  baik bahagia, sedih, marah, depresi, atau cemas. Para peneliti telah mempelajari beberapa makanan dan nutrisi yang dapat dikaitkan dengan kesehatan otak,” tambahnya.

Melansir dari India Express, berikut delapan tujuh asupan yang meningkatkan suasana hati, antara lain: 

Baca Juga: Lezat dan Dijamin Nagih, Cobain 5 Resep Masakan Khas Jawa Timur Ini di Rumah

1. Cokelat hitam

Cokelat hitam kaya akan triptofan yang digunakan oleh otak kita untuk memproduksi serotonin, suatu neurotransmitter. Serotonin adalah hormon kunci yang membantu menstabilkan suasana hati kita.

2. Teh hijau

Dikenal untuk membantu penurunan berat badan dan membantu mengurangi peradangan, teh hijau juga mengandung antioksidan seperti catechin (EGCG). Hal ini yang membantu meningkatkan fungsi otak dan baik untuk tingkatkan suasana hat. 

3. Paprika

Baca Juga: 3 Dorama Jepang Bertema Kuliner, Asli Bikin Ngiler!

Dikemas dengan vitamin A, dan B6, paprika adalah nutrisi penting untuk perkembangan dan fungsi otak, dan juga membantu tubuh membuat hormon serotonin dan norepinefrin (mempengaruhi suasana hati).

Paprika. (Shutterstock)
Paprika. (Shutterstock)


4. Makanan fermentasi 

Makanan fermentasi penting untuk menjaga kesehatan usus karena kaya akan bakteri probiotik. Makanan seperti kimchi, asinan kubis, miso, tempe, acar sayuran, kefir, yoghurt merupakan asupan kaya probiotik. 

Makanan ini penting untuk mengangkat suasana hati karena serotonin (hormon bahagia) diproduksi di usus.

5. Kacang-kacangan 

Kacang-kacangan adalah sumber yang kaya berbagai nutrisi dari banyak vitamin, mineral, magnesium dan juga memiliki sifat antioksidan yang penting untuk menjaga suasana hati. Kadar magnesium yang rendah dapat menyebabkan peningkatan risiko depresi.

6. Sayuran berdaun hijau

Sayuran hijau mengandung vitamin B folat, saat kekuaran makanan ini maka dapat menghambat metabolisme serotonin, dopamin, dan noradrenalin yang penting untuk suasana hati.

7. Kafein 

Kafein membantu meningkatkan kinerja dan suasana hati dengan memicu pelepasan dopamin, zat kimia otak. 

Komentar