alexametrics

Sedang Menstruasi? Dokter Sarankan Perempuan Perbanyak Minum Air Putih

M. Reza Sulaiman
Sedang Menstruasi? Dokter Sarankan Perempuan Perbanyak Minum Air Putih
Ilustrasi minum air putih. (Shutterstock)

Dokter mengatakan perempuan yang sedang mengalami menstruasi wajib mengonsumsi lebih banyak air putih.

Suara.com - Dokter mengatakan perempuan yang sedang mengalami menstruasi wajib mengonsumsi lebih banyak air putih.

Sebab, pendarahan membuat tubuh kehilangan cairan sehingga membuat tubuh tidak nyaman.

"Kenapa kita suka migrain saat heavy flow menstruasi? Itu karena tubuh tubuh seolah tiba-tiba kehilangan cairan, akan membuat keseimbangan homeostasis berubah sehingga membuat sakit kepala, maka saat heavy flow minumlah cairan yang banyak," kata dokter Grace Hananta, C.Ht dalam webinar, melansir ANTARA.

Efek samping jika tubuh kekurangan cairan, kata dr Grace, akan menyebabkan menstruasi tidak lancar

Baca Juga: Redakan Nyeri Menstruasi dengan Yoga, Apakah Efektif?

Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)
Ilustrasi menstruasi. (Shutterstock)

"Darah itu kan cairan ya, kalau cukup maka proses kontraksinya, meluruhkan dinding rahimnya akan lancar," katanya yang juga mengingatkan untuk selalu mengkonsumsi makanan seimbang dan bernutrisi.

"Makan makanan gizi seimbang karena mengandung mikro dan makro nutriens lengkap, buah-bahan sayur-mayur, protein zat besi, omega 3. Itu akan mendukung recovery sel-sel rahim, saat menstruasi kan luruh."

Selain itu, bisa mengkonsumsi jamu-jamu alami seperti rebusan jahe atau kunyit yang mengandung zat inflamasi dan analgetik alami sehingga bisa membuat nyaman.

"Kalau tidak nyeri sekali sebaiknya jangan minum obat, pakai saja cara-cara alami yang bikin lebih nyaman"

Area kewanitaan juga disebut dr Grace membutuhkan probiotik karena di sana ada macam-macam mikrobiota yakni bakteri baik yang menjaga pH area kewanitaan. Oleh sebab itu saat menstruasi juga disarankan mengkonsumsi yoghurt sampai kombucha.

Baca Juga: Penting! Rekomendasi Dokter Soal Pembalut untuk Perempuan yang Sedang Menstruasi

Menstruasi sejatinya adalah siklus alami yang dialami hampir semua wanita, menjaga higienitas area kewanitaan dan memilih pembalut yang tepat saat menstruasi sangat diperlukan. Sejumlah cara juga bisa dilakukan untuk mengurangi rasa nyeri saat menstruasi mulai dari teknik pernapasan, melakukan sejumlah gerakan yoga dan tak ketinggalan mengkonsumsi makanan bergizi dan selalu menghidrasi tubuh.

Komentar