alexametrics

5 Etika Menggunakan Internet yang Wajib Diajarkan Anak ke Orangtua

M. Reza Sulaiman
5 Etika Menggunakan Internet yang Wajib Diajarkan Anak ke Orangtua
Ilustrasi internet gratis. (Pixabay/foundry)

Pandemi Covid-19 membuat penggunaan internet semakin meningkat. Tidak hanya pada orang dewasa, penggunaan internet pun meningkat pada anak-anak.

Suara.com - Pandemi Covid-19 membuat penggunaan internet semakin meningkat. Tidak hanya pada orang dewasa, penggunaan internet pun meningkat pada anak-anak.

Karena itulah, pakar mengatakan orangtua tidak boleh gaptek alias gagap teknologi. Dengan begitu, apapun aktivitas anak di dunia maya yang menggunakan internet bisa terpantau dengan baik.

"Makanya orangtua harus menambah pengetahuan tentang dunia maya dan internet. Jangan sampai orangtua tidak mengerti internet, yang berujung anak menggunakannya untuk hal-hal tidak bermanfaat," papar Dr. Muhammad Nizar, MPd.Si, Dekan FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram, siaran pers Gerakan Nasional Literasi Digital 2021 yang diterima Suara.com.

Nizar mengatakan setidaknya ada enam hal yang wajib dilakukan orangtua terkait penggunaan internet pada anak.

Baca Juga: CEK FAKTA: Benarkah Jaringan Internet Mati pada 24-30 September 2021?

Ilustrasi internet. (freestock.com)
Ilustrasi internet. (freestock.com)

Pertama, orangtua wajib tahu riwayat aktivitas anak di dunia maya. Hal ini penting dilakukan untuk mencegah anak terpapar konten buruk dari internet.

Kedua, ajarkan anak berbahasa sopan dan santun di dunia maya. Beri pengertian bahwa yang dihadapi di seberang layar adalah manusia lain sepertinya, sehingga tata krama dan etika tetap perlu dijaga.

Ketiga, adalah memasang fitur yang bermanfaat pada perangkat yang menggunakan internet. Saat ini sejumlah smartphone dan aplikasi komputer sudah memiliki child mode, yang digunakan untuk menyaring konten sesuai umur anak.

Selanjutnya, batasi screen time anak saat menggunakan gadget. Misalnya di luar kegiatan sekolah, anak hanya boleh menggunakan internet selama satu jam. Hal ini dilakukan untuk mencegah anak kecanduan internet.

Terakhir dan tidak kalah penting adalah selalu temani anak saat menggunakan internet. Selain sebagai aspek pengawasan, orangtua juga bisa menjawab pertanyaan anak dengan tepat ketika ada hal yang tidak anak ketahui.

Baca Juga: Heboh Narasi Internet Mati pada 24-30 September 2021, Ini Penjelasan Kominfo

"Kunci sukses menggunakan internet dengan sehat adalah komunikasi lancar antara orangtua dan anak. Penting juga untuk orangtua memberikan permainan alternatif agar tidak hanya main di gadget saja. Ingat, orangtua menjadi contoh, jika orangtuanya seharian juga menggunakan internet saja, maka anak akan mengikutinya," tutup Nizar.

Komentar