alexametrics

Cegah Penuaan Dini, Ahli Sarankan Pilih Skincare dengan 4 Kandungan Berikut

Rima Sekarani Imamun Nissa | Fita Nofiana
Cegah Penuaan Dini, Ahli Sarankan Pilih Skincare dengan 4 Kandungan Berikut
Ilustrasi perawatan kulit wajah (Pixabay/silviarita)

Berikut empat kandungan skincare yang disebut bisa membantu cegah penuaan dini.

Suara.com - Penuaan tidak dapat dihindari. Seiring berjalannya waktu, tanda-tanda penuaan akan muncul pada kulit Anda. Tanda penuaan yang paling umum di kulit adalah bintik hitam, hiperpigmentasi, garis-garis halus, hingga kerutan.

Melansir dari Insider, semakin canggihnya teknologi penciptaan perawatan kulit untuk menangkal penuaan semakin beragam. Namun menurut dermatologis, berikut kandungan anti penuaan yang paling direkomendasikan, antara lain:

1. Ceramide

Ceramide adalah lipid (lemak) yang ditemukan secara alami di kulit. Fungsi kandungan ini adalah untuk menjaga kelembapan kulit. 

Baca Juga: 7 Manfaat Tomat untuk Wajah, Mengatasi Komedo hingga Melembapkan Kulit

Mengoleskan ceramide pada kulit akan mengunci kelembapan dan menghaluskan kulit dengan memperbaiki retakan yang dapat memunculkan garis-garis halus.

Ceramide juga akan melindungi Anda dari iritasi lain yang dapat membahayakan kulit, seperti sabun yang keras dan sering mencuci tangan. Kini sudah banyak produk perawatan kulit yang mengandung ceramide. 

Ilustrasi teh hijau. (Pixabay/apple deng)
Ilustrasi teh hijau. (Pixabay/apple deng)

2. Teh hijau

Teh hijau berasal dari tanaman camellia sinensis. "Daun tanaman ini memiliki polifenol yang merupakan senyawa yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidan" kata Susan Massick, MD, seorang dokter kulit dan profesor di Divisi Dermatologi di The Ohio State University Wexner Medical Center. 

Sifat anti-inflamasi dapat menenangkan kemerahan dan iritasi. Sementara antioksidan memerangi radikal bebas dan mengurangi potensi tanda-tanda penuaan.

Baca Juga: Cerita Sukses Panda Lovely, Dirintis dari Anak Tukang Becak

Teh hijau juga mengandung antioksidan kuat yang disebut catechin epigallocatechin gallate (EGCG). Massick mengatakan, EGCG mengurangi radikal bebas yang membantu sel-sel Anda memperbaiki diri dan melindungi kulit Anda dari penuaan dini.

3. Vitamin C

Vitamin C memerangi penuaan dengan efek antioksidannya. Mirip dengan bahan lain yang yang mengandung antioksidan, vitamin C dapat menurunkan pembentukan radikal bebas berbahaya yang dapat menyebabkan tanda-tanda penuaan.

Massick mengatakan bahwa vitamin C dapat mencegah produksi melanin berlebihan yang kemudian mencegah pembentukan bintik-bintik coklat dan hiperpigmentasi. 

4. Hyaluronic acid 

Hyaluronic acid terjadi secara alami di dalam tubuh di mata, persendian, dan kulit kita. Kandungan ini adalah humektan yang berarti menarik kelembaban dan mengikat air. 

"Hyaluronic acid menghidrasi dan mengencangkan kulit, yang akan membantu mengurangi munculnya garis-garis halus dan kerutan," kata Massick. 

Ilustrasi skincare. (Shutterstock)
Ilustrasi skincare. (Shutterstock)

Sebuah studi tahun 2014 menemukan bukti yang menjanjikan untuk penggunaan hyaluronic acid  dalam anti-penuaan. Pada akhir uji coba, para pemberian hyaluronic acid meningkatkan hidrasi kulit hingga 96 persen.

Di luar berbagai kandungan di atas, Anda perlu memastikan untuk selalu pakai tabir surya. Ahli sepakat bahwa tabir surya sangat penting untuk anti-penuaan dan kesehatan kulit secara keseluruhan.

"Tabir surya dan menghindari sinar matahari sejauh ini merupakan hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk anti-penuaan. Kerusakan kulit terkait sinar matahari menyebabkan perubahan pigmen, kerutan, dan kanker kulit," kata Helen Malone, MD, Direktur Kosmetik di Departemen Dermatologi di Baylor College of Medicine.

Komentar