alexametrics

7 Manfaat Tomat untuk Wajah, Mengatasi Komedo hingga Melembapkan Kulit

Rima Sekarani Imamun Nissa
7 Manfaat Tomat untuk Wajah, Mengatasi Komedo hingga Melembapkan Kulit
Perawatan wajah dengan tomat. (shutterstock)

Berikut beberapa manfaat tomat untuk wajah yang perlu diketahui.

Suara.com - Tidak hanya berperan sebagai asupan nutrisi yang baik bagi tubuh, tomat juga bermanfaat untuk kecantikan wajah. Apa saja manfaat tomat untuk wajah kita?

Manfaat tomat memang banyak. Buah tomat dikenal dengan berbagai kandungan baik sebagai perawatan kulit, mulai dari likopen, vitamin C, dan kolagen.

Tidak mengherankan jika kamu menemukan banyak produk kecantikan menggunakan bahan dasar tomat, mulai dari pembersih wajah, masker, bahkan penggunaan secara langsung.

Berikut 7 manfaat tomat untuk kesehatan wajah, dirangkum dari berbagai sumber:

Baca Juga: Inilah 3 Produk Makeup yang Banyak Diburu Selama Pandemi

Ilustrasi irisan tomat untuk perawatan wajah. (Pixabay/Steve Buissinne)
Ilustrasi irisan tomat untuk perawatan wajah. (Pixabay/Steve Buissinne)

1. Melembapkan kulit wajah

Kandungan kalium yang tinggi pada tomat membuat buah satu ini bermanfaat untuk melembabkan kulit wajah.

Berdasarkan sebuah studi Journal of Drematological Science di tahun 2012, penurunan kalium dapat menyebabkan kulit kering pada orang-orang yang memiliki ekskim.

Nah, cara penggunaan tomat untuk melembapkan wajah juga terbilang mudah. Cukup oleskan tomat atau produk yang mengandung tomat sebagai rutinitas perawatan.

2. Melindungi paparan sinar UV

Baca Juga: 9 Cara Membuat Masker Lidah Buaya untuk Kulit Lembap dan Glowing

Buah tomat juga dipercaya ampuh melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. Mengonsumsi tomat yang kaya akan likopen mampu mengurangi permasalahan kulit akibat sinar UV.

Berdasarkan sebuah penelitian di tahun 2006, ditemukan bahwa 10-12 minggu mengonsumsi tomat terbukti menurunkan sensitivitas kulit terhadap radiasi UV. Namun, tentu saja perlindungan ini akan lebih ampuh dengan tambahan penggunaan sunscreen.

Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)
Ilustrasi perawatan wajah. (Shutterstock)

3. Mendorong produksi kolagen

Kolagen merupakan protein yang berfungsi untuk membentuk tulang, kulit, rambut, ligamen, dan otot. Kandungan kolagen pada produk kulit wajah akan memberikan efek kencang sehingga membuat tampilan lebih awet muda.

Kandungan vitamin C pada tomat akan membantu merangsang produksi kolagen sekaligus peningkatan imunitas tubuh

4. Membantu penyembuhan luka

Kandungan anti-peradangan pada tomat tergolong cukup lengkap, mulai dari likopen, vitamin E, C, beta karoten, lutein. Senyawa itu akan membantu mengurangi gejala iritasi kulit terbakar.

Selain itu, mereka juga dapat menyamarkan bekas jerawat kehitaman maupun kemerahan pada kulit wajah.

5. Membantu pengelupasan kulit mati

Sebuah studi di tahun 2011 meneliti tentang exfoliant herbal pada tomat. Manfaat ini ada karena kandungan pektin dan flavonoid dalam tomat.

Pengelupasan kulit mati pada kulit wajah sangatlah penting. Apabila penumpukan terjadi, kulit wajah akan terasa kering dan bersisik.

6. Mencegah pertumbuhan komedo

Selain jerawat, komedo menjadi salah satu permasalahan yang kerap muncul di kulit wajah. Meski tidak terlalu jelas terlihat, tak jarang komedo bisa menurunkan tingkat percaya diri.

Komedo hitam yang membandel rupanya bisa dilawan menggunakan masker tomat dan alpukat. Selain mengatasi komedo, masker tomat juga akan membantu melembapkan kulit.

7. Mencegah kanker kulit

Jika likopen memberikan pigmen warna pada tomat, beda halnya dengan kulit wajah. Berbagai penelitian menemukan bahwa likopen pada tomat memiliki efek antikanker yang kuat.

Jenis antioksidan ini dapat membantu memerangi kerusakan sel kulit mati dan melindungi dari risiko kanker kulit.

Itulah beberapa manfaat tomat untuk wajah. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Kontributor : Hillary Sekar Pawestri

Komentar